Presiden AS Donald Trump bebas dari pemakzulan. Foto: AFP
Presiden AS Donald Trump bebas dari pemakzulan. Foto: AFP

Cara Donald Trump Selamat dari Pemakzulan

Internasional amerika serikat Pemakzulan Trump
Arpan Rahman • 07 Februari 2020 06:32
Washington: Akankah sejarawan menganggap pemakzulan Donald Trump luar biasa karena politisi Partai Republik menutup mata terhadap kesalahan yang mengerikan dan membebaskannya? Atau akankah mereka menganggapnya luar biasa karena ini adalah kali terakhir kader pejabat Republik secara terbuka menentang Trump?
 
Sementara sebagian besar pegawai negeri sipil karier yang menentang presiden dengan bersaksi dalam penyelidikan pemakzulan tidak secara terbuka mengidentifikasi sebagai Republikan, banyak yang diangkat Trump dengan ikatan Republik yang kuat. Sementara tokoh-tokoh kunci lainnya seperti mantan penasihat keamanan nasional John Bolton adalah pejuang partai kawakan.
 
Akhirnya, hanya seorang Republikan terpilih, Mitt Romney, yang memberikan suara menentang Trump, membuat pertanyaan tentang kelangsungan hidupnya yang terakhir dari pemakzulan malah tidak dekat. Jadi, sementara Trump akan selamanya menjadi presiden yang dimakzulkan, pembebasannya harus dianggap sebagai kemenangan politik besar. Begini cara kerjanya, disitir dari Guardian, Jumat, 7 Februari 2020:

Basis melekat dengannya


Dalam serangkaian pidato pekan ini, para senator dari Partai Republik telah menjelaskan suara mereka untuk membebaskan Trump dengan meredam kekuatan kasus Demokrat. Mereka mengulangi pertengkaran lewat proses di Dewan Perwakilan Rakyat AS, dan mengungkapkan pelanggaran pada berbagai hal yang dikatakan oleh para manajer pemakzulan Demokrat terkemuka atau tidak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tetapi apakah Trump benar-benar menghindari pemecatan karena Ketua DPR, Nancy Pelosi, membagikan pena setelah artikel pemakzulan ditandatangani, atau karena manajer pemakzulan pemimpin, Adam Schiff, membuat rujukan ke sebuah berita tentang murka para senator?
 
Penjelasan yang lebih mungkin untuk kelangsungan jabatan Trump adalah oposisi yang tidak berubah dari basis Republik untuk pemindahan. Proporsi pendukung Partai Republik yang berfluktuasi antara 8 persen dan 10 persen, sementara dukungan untuk pencopotan di antara para Independen juga pengimbangan di sekitar 42 persen, menurut FiveThirtyEight. Itu bukan tekanan yang cukup buat mendapatkan perhatian anggota parlemen.


Partai Republik terpilih tetap dalam barisan


Ke mana basis itu pergi, politisi terpilih akan mengikuti, dan dalam hal ini basis tidak ke mana-mana. Dan Republik yang terpilih tidak pergi ke mana pun, kecuali Romney, mendukung Trump dari (Senator Lamar) Alexander ke (Perwakilan Lee) Zeldin.
 
Pemimpin mayoritas Senat, Mitch McConnell, Lindsey Graham, dan yang lainnya mengatakan sebelum persidangan bahwa mereka tidak akan menjadi anggota juri yang netral, meskipun mereka telah bersumpah untuk tidak memihak ketika persidangan dimulai. Terhadap kesetiaan seperti itu kepada Trump, bukti atau argumen apa yang bisa diharapkan untuk membuat hantaman?
 
Dalam beberapa kasus, tingkat pertahanan Partai Republik terhadap Trump tampaknya melebihi apa yang benar-benar diperlukan untuk melindungi presiden dari pemecatan. Alih-alih menanyai saksi, Partai Republik di DPR AS mengarang teori konspirasi tentang Hunter Biden. Alih-alih memanggil saksi, Partai Republik di Senat berkhotbah panjang-lebar tentang ketidakmungkinan semata-mata mengetahui apa yang dipikirkan Trump ketika ia menahan bantuan ke Ukraina.


Senat terbelah


Dari kerugian Demokrat dalam pemilihan tengah semester 2014 setengah jalan melalui masa jabatan kedua Barack Obama, mencuatnya seorang pemimpin mayoritas Senat baru, McConnell, yang melaju dengan mayoritas 10 kursi pada jumlah pemilih di basis bawah.
 
Dalam dua tahun pemilihan Senat AS sejak itu, kandidat Demokrat telah menarik 29 juta suara lebih banyak daripada kandidat Republik -- tetapi mayoritas Republik telah menyusut dengan hanya beberapa kursi. Itu karena setiap negara bagian mendapatkan dua senator tidak peduli seberapa sedikit orang yang tinggal di sana.
 
Singkatnya, Senat AS tidak mewakili negara bagian tersebut, yang secara keseluruhan lebih menyukai pengenalan saksi dan dokumen di persidangan, sebuah langkah yang diblokir oleh Partai Republik.


Tanpa terima kasih kepada Schiff


Apa pun faktor yang bisa ditunjukkan Trump yang membantu kelangsungan jabatannya sebagai presiden, tidak ada dalam daftar adalah kinerja para manajer pemakzulan DPR, yang dipimpin oleh ketua komite intelijen Schiff.
 
Segera setelah Demokrat menyadari Gedung Putih berupaya mencegah pengaduan dari pembocor rahasia sampai ke Kongres, Schiff membuka penyelidikan bahwa Pelosi dianggap menggelar penyelidikan pemakzulan resmi pada 24 September. Selama lebih dari empat bulan ke depan, Demokrat bertikai melawan selimut kebungkaman yang dikenakan oleh Trump untuk mengumpulkan bukti dan membawa rincian kasus ke publik.
 
Setelah Trump memerintahkan pemerintahannya agar menolak mematuhi panggilan dari pengadilan, Partai Republik menyalahkan Demokrat karena gagal mengumpulkan bukti. Setelah pengacara Bolton mengancam DPR dengan gugatan hukum jika ia dipanggil, Partai Republik menyalahkan Demokrat karena tidak mengeluarkan surat panggilan pengadilan.
 
Terhadap setiap rintangan, para manajer dan staf bekerja ke depan, melakukan deposisi, mengadakan audiensi publik, mengeluarkan laporan publik, dan akhirnya menuntut kasus tersebut di Senat dengan baik. Di persidangan, Schiff secara khusus membuat antologi fakta melawan Trump untuk menjalin pengakuan yang memberatkan perilaku presiden.
 
Namun, Trump akan mengklaim kemenangan karena telah lolos dari pemecatan, kasus terhadapnya ada di dalam kotak sampah.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif