Undang-undang ini sudah dibahas sejak tahun 2015 (Foto:AFP)
Undang-undang ini sudah dibahas sejak tahun 2015 (Foto:AFP)

Kanada Larang Penangkapan Paus dan Lumba-Lumba

Internasional politik kanada
Wahyu Dwi Anggoro • 11 Juni 2019 11:32
Montreal: Parlemen Kanada menyepakati undang-undang yang melarang penangkapan dan pengembangbiakan mamalia air dari kelompok cetacea seperti paus dan lumba-lumba. Langkah ini disambut baik oleh aktivis perlindungan hewan di negara tersebut.
 
"Undang-undang ini sangatlah penting. Peraturan ini melarang pengembangbiakan," Direktur Kampanye World Animal Protection Canada (WAPC) Melissa Matlow kepada AFP pada Senin, 11 Juni 2019.
 
"Kami berharap negara-negara lain dapat mengikuti langkah yang diambil Kanada ini. Kami juga berharap perusahaan-perusahaan taman hiburan menyadari bahwa atraksi seperti ini sudah tidak digemari lagi," lanjutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun demikian, undang-undang ini dilaporkan tidak berlaku surut. Hal ini berarti paus dan lumba-lumba yang telah berada dalam penangkaran tidak wajib untuk dilepaskan.
 
Selain itu, peraturan ini juga masih memungkinkan penangkapan hewan dengan masalah kesehatan. Kelompok aktivis dapat mengobati hewan yang sakit setelah mengantongi izin dari pihak berwenang.
 
"Kanada adalah salah satu dari 11 negara yang melarang penangkapan dan pengembangbiakan paus dan lumba-lumba untuk industri hiburan," Juru Bicara WAPC Nina Devries menambahkan.
 
Undang-undang ini telah dibahas di Parlemen Kanada sejak tahun 2015. Aktivis perlindungan hewan menggencarkan kampanye anti-pengembangbiakan paus dan lumba-lumba pada beberapa tahun terakhir.
 
Tahun lalu, agen wisata ternama asal Inggris Thomas Cook menyatakan tidak akan bekerja sama dengan taman hiburan yang memamerkan paus dan lumba-lumba. Hingga saat ini, beberapa taman hiburan di Kanada masih memiliki atraksi paus dan lumba-lumba.
 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif