NEWSTICKER
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Trump Berencana Gelar KTT ASEAN di Las Vegas

Internasional amerika serikat ktt asean donald trump
Willy Haryono • 26 Februari 2020 06:46
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana menggelar Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Las Vegas pada Maret mendatang. Rencana diumumkan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, setelah sebelumnya Trump tidak hadir dalam KTT ASEAN di Bangkok tahun lalu.
 
Dalam sebuah konferensi pers, Pompeo mengonfirmasi waktu penyelenggaraan KTT ASEAN tersebut.
 
"Kami sedang mempersiapkan KTT ASEAN untuk pekan kedua bulan Maret di Las Vegas," ucap Pompeo, dilansir dari laman AFP, Selasa 25 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah diplomat AS mengatakan KTT ASEAN yang akan dihadiri Trump ini dijadwalkan berlangsung pada 12 Maret mendatang. Disebutkan bahwa Trump berharap semua petinggi ASEAN hadir dalam pertemuan tersebut.
 
AS mulai menyuarakan undangan kepada para petinggi ASEAN setelah Chile membatalkan KTT Pacific Rim yang dijadwalkan berlangsung November mendatang. KTT tersebut dibatalkan karena adanya gelombang unjuk rasa.
 
Tahun lalu, Trump tidak hadir dalam KTT ASEAN dan juga KTT Asia Timur di Bangkok. Ia hanya mengirim penasihat keamanan nasionalnya, Robert O'Brien. Ketidakhadiran Trump merupakan partisipasi terendah AS dalam KTT ASEAN dan KTT Asia Timur.
 
Sebagian besar petinggi ASEAN tidak hadir dalam pertemuan dengan O'Brien, dan hanya mengirim pejabat dengan level yang setara dengannya.
 
Rendahnya partisipasi AS di KTT ASEAN terjadi setelah Washington berusaha keras menunjukkan bahwa Negeri Paman Sam berkomitmen terhadap Asia di tengah berkembangnya Tiongkok.
 
Dalam KTT ASEAN dan Asia Timur di Bangkok, O'Brien memperbarui seruan AS mengenai kebebasan bernavigasi. Ia juga menuduh Tiongkok menggunakan "intimidasi" terhadap negara-negara ASEAN di Laut China Selatan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif