Serikat guru bentrok dengan polisi di negara bagian Oaxaca, Meksiko, 19 Juni 2016. (Foto: AFP/PATRICIA CASTELLANOS)
Serikat guru bentrok dengan polisi di negara bagian Oaxaca, Meksiko, 19 Juni 2016. (Foto: AFP/PATRICIA CASTELLANOS)

Enam Tewas dalam Bentrokan Serikat Guru dengan Polisi

Internasional politik meksiko
Willy Haryono • 20 Juni 2016 14:06
medcom.id, Oaxaca: Bentrokan berdarah antara serikat guru dengan polisi di Meksiko menewaskan enam orang dan melukai 100 lainnya, Minggu (19/6/2016).
 
Aktivis dari National Coordinator of Education Workers menolak wacana aturan terbaru uji coba kompetensi guru sebagai bagian dari reformasi pendidikan. Mereka juga memprotes penangkapan beberapa pemimpin serikat terkait kasus pencucian uang dan lainnya.
 
Dalam bentrokan di negara bagian Oaxaca, pendemo melemparkan batu dan bom molotov serta membakar kendaraan. Polisi anti huru-hara dilaporkan melepaskan tembakan ke arah pengunjuk rasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti dilansir AFP, polisi mengatakan semua korban tewas adalah warga sipil, yang dua di antaranya memiliki keterkaitan dengan serikat guru.
 
Enam Tewas dalam Bentrokan Serikat Guru dengan Polisi
Bentrok guru dengan polisi di Oaxaca, Meksiko. (Foto: AFP)
 
Sebelumnya pemerintah Meksiko merilis sebuah pernyataan yang menyebut adanya 21 polisi federal yang terluka, tiga oleh senjata api.
 
Sebuah rekaman video memperlihatkan seorang polisi yang menembakkan senjata apinya beberapa kali, meski tidak diketahui jelas apakah dia aparat federal atau bukan.
 
Sepuluh tahun lalu, serikat guru berunjuk rasa dan menguasai Oaxaca sepenuhnya selama enam bulan. Unjuk rasa akhirnya berakhir setelah polisi melakukan penyerbuan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif