Foto udara memperlihatkan jalan Trans Amazon di hutan hujan Amazon, Brasil. (Foto: AFP Photo/Mauro Pimentel)
Foto udara memperlihatkan jalan Trans Amazon di hutan hujan Amazon, Brasil. (Foto: AFP Photo/Mauro Pimentel)

Presiden Brasil Sebut Data Deforestasi Amazon Kebohongan

Internasional politik brasil
Willy Haryono • 20 Juli 2019 12:52
Brasilia: Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuduh institusi negaranya sendiri telah berbohong mengenai skala deforestasi hutan Amazon. Dia menyebut Institut Riset Luar Angkasa Nasional (Inpe) telah merusak reputasi Brasil di mata internasional dengan meriis data yang dinilainya dilebih-lebihkan.
 
Bolsonaro mengaku ingin bertemu langsung kepala Inpe untuk mendiskusikan isu deforestasi ini. Sementara Inpe menegaskan datanya mengenai deforestasi 95 persen akurat.
 
Komentar terbaru Bolsonaro pada Jumat 19 Juli muncul satu hari usai data satelit Inpe memperlihatkan lebih dari 1.000 kilometer persegi Amazon mengalami deforestasi di 15 hari pertama bulan Juli -- meningkat 68 persen dari sepanjang Juli 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Data tersebut tidak berhubungan dengan realitas sebenarnya," kata Bolsonaro kepada awak media asing, disitat dari laman BBC, Sabtu 20 Juli 2019.
 
Sejumlah ilmuwan di Brasil mengatakan Amazon tingkat deforestasi Amazon meningkat sejak Bolsonaro menjadi presiden pada Januari lalu. Kebijakan Bolsonaro dinilai lebih condong mendukung pembangunan ketimbang konservasi.
 
Sebagai hutan hujan terbesar di dunia, Amazon adalah lokasi vital ynag memperlambat dampak pemanasan global.
 
Dalam satu dekade terakhir, beberapa presiden Brasil telah berhasil mengurangi deforestasi Amazon lewat rangkaian aksi agensi federal dan penerapan denda bagi para pelanggar. Namun Bolsonaro dan para menterinya mengkritik penerapan denda.
 
Selain soal hutan, Bolsonaro juga mengatakan kepada awak media asing bahwa tidak ada kelaparan yang saat ini terjadi di Brasil. "Tidak ada orang-orang yang kurus kering di jalanan Brasil," tegasnya.
 
Menurut data dari Organisasi Makanan dan Agrikultur Perserikatan Bangsa-Bangsa, sekitar 5,2 juta orang di Brasil mengalami kelaparan pada 2017.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif