Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Pangkalan AS Diserang, Trump Klaim Semua Baik-Baik Saja

Internasional as-iran Qassem Soleimani
Willy Haryono • 08 Januari 2020 10:39
Washington: Presiden Donald Trump akhirnya mengeluarkan pernyataan, beberapa jam usai belasan misil balistik Iran menghantam dua pangkalan militer Amerika Serikat di Irak. Iran menyebut serangan tersebut sebagai balasan atas kematian jenderal Qassem Soleimani.
 
"Semua baik-baik saja! Sejumlah misil diluncurkan dari Iran dan mengenai dua pangkalan militer di Irak. Pemeriksaan adanya korban dan kerusakan bangunan sedang berlangsung. Sejauh ini baik-baik saja," tulis Trump di Twitter, dikutip dari laporan di situs Guardian, Rabu 8 Januari 2020.
 
"Kekuatan militer AS merupakan yang terkuat dan terlengkap di dunia sejauh ini. Saya akan mengeluarkan pernyataan besok pagi," lanjutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gedung Putih awalnya menyebutkan bahwa Trump berencana melakukan pidato nasional di televisi. Namun rencana itu pada akhirnya dibatalkan.
 
Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon mengonfirmasi terjadinya serangan misil di dua pangkalan militer di Irak, yakni di Ain al-Asad dan Erbil. Serangan dilaporkan Pentagon terjadi sekitar pukul 01.30 dini hari waktu setempat.
 
"Pangkalan al-Asad terkena serangan sedikitnya enam kali," ujar pernyataan resmi militer AS.
 
Korps Garda Revolusioner Iran (IRGC) mengatakan serangan terhadap pangkalan AS di Irak merupakan pembalasan atas kematian jenderal Qassem Soleimani. Soleimani tewas terkena serangan udara AS di Baghdad, Irak, pada Jumat 3 Januari.
 
"Kami memperingatkan kepada semua sekutu Amerika, yang memberikan pangkalan udara mereka kepada pasukan teroris, bahwa wilayah manapun yang menjadi basis dari aksi agresif terhadap Iran, akan menjadi target serangan," sebut pernyataan resmi IRGC via kantor berita IRNA.
 
Kementerian Luar Negeri RI telah mengimbau agar semua WNI di Irak, Iran dan negara sekitarnya untuk meningkatkan kewaspadaan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif