Seorang warga melihat rumahnya yang hancur akibat badai tornado yang menghantam Kota Jefferson, Missouri. (Foto: AFP).
Seorang warga melihat rumahnya yang hancur akibat badai tornado yang menghantam Kota Jefferson, Missouri. (Foto: AFP).

Tiga Warga Tewas saat Tornado Landa Missouri

Internasional amerika serikat tornado badai
Arpan Rahman • 24 Mei 2019 18:14
Jefferson City: Badai tornado dahsyat yang melanda Missouri telah menewaskan sedikitnya tiga orang, ketika tornado merobek ibu kota negara bagian Jefferson City, Rabu malam.
 
Badan Cuaca Nasional mengeluarkan peringatan darurat tak lama sebelum pukul 23.45 waktu setempat. Memperingatkan warga kota bahwa ‘tornado dahsyat’ akan menghantam kota itu dan menyarankan agar mereka mencari "perlindungan sekarang!"
 
Tidak ada korban jiwa dilaporkan di ibu kota, tetapi Letnan Polisi Jefferson David Williams mengatakan layanan darurat sudah menerima banyak panggilan orang yang terperangkap di rumah-rumah yang rusak setelah angin puting beliung menyerang. "Situasinya kacau sekarang," kata Williams, disiarkan dari laman Independent, Jumat, 24 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Departemen Keamanan Publik Missouri mengatakan ada kerusakan besar pada infrastruktur kota -- termasuk kabel listrik yang terputus.Para pejabat minta Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) untuk bantuan dengan upaya pencarian dan penyelamatan, menurut afiliasi NBC, KOMU.
 
"Kata yang tepat untuk menggambarkan kerusakan ini sangat menghancurkan," kata Wali Kota Jefferson City, Carrie Tergin.
 
Tiga Warga Tewas saat Tornado Landa Missouri
Kehancuran akibat badai tornado di Kota Jefferson, Missouri. (Foto: AFP).
 
Petaka ini menyusul tiga kematian dikonfirmasi di Barton County di Missouri barat daya pada Rabu setelah tornado diduga melanda daerah tersebut. Puting beliung terpisah menyebabkan kerusakan luas di kota Carl Junction, empat mil di utara bandara Joplin.
 
Rabu menandai hari ketiga berturut-turut badai berbahaya, hujan lebat, dan peringatan tornado di seluruh Midwest, sebagian besar di Missouri dan Oklahoma.
 
Di timur Oklahoma, dua tongkang terlepas dan melayang dengan cepat menyusuri Sungai Arkansas yang meluap, menyebarkan peringatan bahaya ke hilir. Para pejabat di Webbers Falls memerintahkan evakuasi wajib pada Rabu sore.
 
Sebuah postingan di laman Facebook resmi kota itu membunyikan alarm tentang tongkang yang hanyut: "Evakuasi Webbers Falls segera. Tongkangnya hanyut dan berpotensi mengenai kunci dan bendungan 16. Jika bendungan rusak, itu akan menjadi bencana besar!! Pergi sekarang!!"
 
Kematian akibat badai pekan ini, termasuk seorang wanita berusia 74 tahun yang ditemukan Rabu pagi di Iowa. Pejabat di sana mengatakan dia tewas karena kemungkinan tornado merusak tanah pertanian di Adair County.
 
Kematian lain yang berhubungan dengan cuaca tampak terjadi di Oklahoma, di mana Patroli Jalan Raya mengatakan seorang wanita tampaknya menabrak saat mengemudi di sekitar barikade dekat Perkins, sekitar 45 kilometer timur laut Kota Oklahoma. Mayat wanita tidak dikenal itu dikirim ke kantor pemeriksa medis negara bagian guna mengonfirmasi penyebab kematian.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif