Puing pesawat Ukraina yang jatuh di Teheran, Iran. Foto: AFP
Puing pesawat Ukraina yang jatuh di Teheran, Iran. Foto: AFP

Kanada Tuntut Kerja sama Iran Selidiki Penembakan Pesawat Ukraina

Internasional kecelakaan pesawat iran politik kanada
Fajar Nugraha • 16 Januari 2020 09:54
Ottawa: Kanada berjanji menyelidiki sampai ke dasar kecelakaan pesawat yang menewaskan puluhan warganya di Iran. Seruan ini diulang oleh Menteri Transportasi Kanada Marc Garneau menjelang pertemuan di London, Inggris yang warganya tewas.
 
“Para menteri luar negeri dari Kanada, Ukraina, Swedia, Afghanistan dan Inggris -,yang semuanya memiliki warga negara yang meninggal,- dijadwalkan bertemu Kamis untuk mendesak ‘kerja sama penuh dari pemerintah Iran’,”Menteri Transportasi Kanada Marc Garneau mengatakan pada konferensi pers, Rabu, 15 Januari 2020, seperti dikutip AFP, Kamis, 16 Januari 2020.
 
"Kanada tidak akan menerima situasi di mana kami merasa bahwa kami tidak diberi informasi yang kami cari," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jangan salah, Kanada akan menyelidik dengan erat kejadian ini,” tegasnya.
 
Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan bahwa pemerintahnya berniat meminta kompensasi kepada Teheran untuk keluarga korban Kanada. Para pejabat di Ottawa menjadikan kompensasi prioritas utama.
 
Penerbangan Ukraina International Airlines ditembak jatuh oleh Iran dalam kesalahan besar tak lama setelah lepas landas dari Teheran minggu lalu, menewaskan semua 176 penumpang dan awak di pesawat. Menurut Ottawa, 57 korban adalah orang Kanada.
 
"Prioritas pertama kami saat ini adalah mendukung keluarga dan teman-teman dari 57 warga Kanada yang kehilangan nyawa mereka dalam tragedi ini," imbuh Garneau.
 
"Meskipun kita tidak dapat membawa kembali orang yang mereka cintai, kita dapat memastikan bahwa mereka menerima kompensasi untuk membantu mereka menavigasi saat yang sulit ini,” tuturnya.
 
Ditanya apakah Kanada dapat memberikan uang kepada keluarga korban dan meminta penggantian dari Iran nantinya untuk mempercepat proses yang bisa menjadi proses yang panjang, Sekretaris Parlemen Omar Alghabra mengatakan: "Kami secara aktif mengeksplorasi opsi-opsi ini dan berharap dapat memiliki resolusi dalam waktu singkat. "
 
Iran telah mengundang Dewan Keselamatan Transportasi Kanada untuk berpartisipasi dalam penyelidikannya, termasuk pengunduhan dan analisis kotak hitam.
 
Garneau mengatakan Iran telah mengindikasikan keinginannya untuk bekerja sama, mencatat bahwa dua penyelidik Kanada akan memeriksa puing-puing atas undangan Teheran.
 
Namun dia menambahkan bahwa dirinya ingin Iran, sebagai penyelidik utama, untuk meresmikan keterlibatan Kanada dalam penyelidikan sebagai ‘perwakilan terakreditasi’ untuk memastikan akses.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif