AS Balas Usir Dua Diplomat Venezuela
Kedubes AS di Caracas. (Foto: AFP)
Washington: Amerika Serikat (AS) memerintahkan dua diplomat Venezuela untuk segera keluar dari Washington dalam waktu 48 jam. Tindakan ini merupakan tindakan balasan atas pengusiran dua diplomat AS dari Caracas.

"Tindakan ini untuk membalas keputuzan rezim Nicolas Maduro yang meminta dua diplomat kami pergi dari Kedutaan Besar AS di Caracas," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Heather Nauert, dikutip dari AFP, Kamis 24 Mei 2018.

Todd Robinson dan Brian Naranjo, wakil duta besar dan wakil misi diplomatik AS, telah dinyatakan sebagai "personae non gratae" atau orang yang tidak diinginkan kehadirannya.


Baca juga: Venezuela Usir Dua Diplomat Senior AS

"Mereka harus meninggalkan negara dalam 48 jam, sebagai bentuk protes dan pembelaan terhadap kehormatan Venezuela," tegas Maduro.

Sementara itu, Nauert berujar bahwa semua petugas Kedubes AS di Caracas telag melaksanakan tugas resmi mereka secara bertanggung jawab dan konsisten dengan praktek diplomatik.

"Kami menolak saran dan usulan apapun yang bertentangan," ungkap Nauert.

Maduro mengumumkan pengusiran dua diplomat AS setelah resmi memproklamirkan kemenangannya di pemilu Venezuela. Ia kembali terpilih meski negara tersebut diselimuti krisis ekonomi dan isolasi internasional yang semakin meningkat.

Pemungutan suara tahun ini diboikot oleh sejumlah partai oposisi utama dan dikecam dunia internasional termasuk AS yang mencelanya sebagai pemilu palsu.




(FJR)