Sekelompok imigran Venezuela mengantre bantuan makanan di Cucuta, Kolombia pada 2 Februari 2021. Foto: AFP/Schneyder Mendoza
Sekelompok imigran Venezuela mengantre bantuan makanan di Cucuta, Kolombia pada 2 Februari 2021. Foto: AFP/Schneyder Mendoza

Krisis Imigran Hantam Pesisir Utara Kolombia

MetroTV • 30 Juli 2021 19:34
Kolombia: Pemerintah Daerah Necocli, Kolombia memperkirakan lebih dari 10 ribu imigran yang berasal dari Kuba, Afrika, Haiti, Senegal, Ghana, Guinea, Kongo, dan Burkina Faso tengah membanjiri Kota Necocli. Mereka disebut hendak bertujuan ke Amerika Serikat.
 
Dilansir dari The Washington Post, Rijkaard Samedy, 27, imigran asal Haiti memutuskan pergi ke bagian utara. Ia mengaku mendapat perlakukan diskriminasi oleh negara di benua yang berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik, yakni Amerika Selatan.
 
"Saya di sini untuk mencari kehidupan yang lebih baik, pekerjaan yang lebih baik,” kata Rijkaard dalam tayangan Newsline Metro TV, Jumat, 30 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Kolombia akan Berikan Status Perlindungan kepada Imigran Venezuela
 
Badan Pertahanan Rakyat Kolombia menyebutkan, setidaknya 33 ribu imigran telah masuk ke Panama. Transportasi dengan kapal ferry menuju Panama yang hanya mampu memuat 750 penumpang dan tidak beroperasi saat cuaca buruk berimbas pada membludaknya imigran.
 
"Fokus kita semua adalah mendaki bukit itu dan sampai ke Panama, naik ke Amerika Serikat. Sudah waktunya, tidak ada cara lain,” jelas Esteban Martínez, 58, imigran asal Kuba yang memulai perjalannya sejak Februari 2019 lalu.
 
Ombudsman Kolombia, Carlos Camargo menyatakan telah mengunjungi dermaga di kota kecil yang berpenduduk tidak sampai 20 ribu jiwa ini. Ia melakukan verifikasi terkait situasi kemanusiaan dari ribuan imigran di pesisir utara Kolombia.
 
"Saya menyerukan kepada rekan-rekan saya di negara lain untuk melakukan tindakan bersama guna menghadapi masalah ini,” ujar Carlos. (Nadia Ayu)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif