Castro Tuduh Kushner di Balik Pembunuhan Khashoggi
Politikus Partai Demokrat Joaquin Castro di Washington, 17 Juli 2018. (Foto: AFP/Getty/CHIP SOMODEVILLA)
Texas: Joaquin Castro, politikus Partai Demokrat yang mewakili negara bagian Texas, menuduh penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner sebagai dalang di balik pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi. Castro mengaku tidak memiliki bukti kuat atas klaimnya tersebut.

Castro mengaku pernah mendengar sejumlah laporan di media, yang menyebutkan bahwa "Jared Kushner, bersama intelijen AS, pernah menyerahkan daftar target kepada putra mahkota, kepada MBS, di Arab Saudi dan pangeran mengambil tindakan berdasarkan hal tersebut."

Baca: Trump: Penjelasan Saudi soal Kematian Khashoggi Kredibel


MBS merujuk pada Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman. Khashoggi dinyatakan hilang sejak 2 Oktober setelah memasuki gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Presenter media CNN Poppy Harlow mencoba mengklarifikasi kepada Castro mengenai laporan dari kantor berita mana dirinya mendasari tuduhan kepada Kuhsner. CNN menegaskan belum pernah menghadirkan berita seperti yang diucapkan Castro.

Beberapa jam berselang, Castro mengklarifikasi komentarnya. Ia mengaku tidak berniat menuduh Kushner.

"Saya mau menjelaskan, bahwa saya tidak berniat menuduh @jaredkushner berada di balik apapun," tulis Castro di Twitter, seperti dikutip dari The Hill, Jumat 19 Oktober 2018.

"Berdasarkan sejumlah laporan, saya hanya meminta Kongres untuk membuka investigasi mengenai apakah data-data intelijen AS dibagikan kepada Arab Saudi yang berujung pada persekusi dan pembunuhan #Khashoggi," lanjut dia.

Juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengecam keras pernyataan Castro. Ia menyebut tuduhan tersebut sebagai fitnah yang "konyol dan memalukan."

Arab Saudi mengakui bahwa jurnalis Jamal Khashoggi tewas dibunuh di dalam konsulat di Istanbul, Arab Saudi. Kabar disampaikan kantor berita Kerajaan Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA), Sabtu 20 Oktober.

SPA menyebut hasil awal investigasi menunjukkan Khashoggi tewas usai sempat terjadi perkelahian di dalam konsulat.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id