Edgar Zambrano (kanan) dikabarkan ditangkap intelijen Venezuela. (Foto: AFP).
Edgar Zambrano (kanan) dikabarkan ditangkap intelijen Venezuela. (Foto: AFP).

Intelijen Tangkap Wakil Pemimpin Oposisi Venezuela

Internasional konflik venezuela
Sonya Michaella • 09 Mei 2019 16:07
Caracas: Wakil pemimpin oposisi Venezuela Edgar Zambrano dikabarkan ditangkap intelijen Venezuela. Kekebalan politik Zambrano dan enam politisi lain juga akan dicabut.
 
Sebelumnya, Zambrano memang menyerukan agar militer membelot dari Presiden Nicolas Maduro, sama dengan apa yang dilakukan Juan Guaido.
 
Dilansir dari AFP, Kamis 9 Mei 2019, Mahkamah Agung menuduh Zambrano dan enam politisi lainnya melakukan pemberontakan dan pengkhianatan terhadap pemerintah Venezuela.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zambrano sempat mengatakan, badan intelijen SEBIN mengerubungi mobilnya di luar markas Partai Aksi Demokratik di Ibu Kota Caracas. Agen intelijen juga mendatangi dirinya yang berada di dalam mobil.
 
“Setelah kami menolak untuk meninggalkan mobil kami, mereka ambil mobil derek untuk membawa kami," katanya. Namun, hingga saat ini belum jelas Zambrano berada di mana.
 
Sementara itu, Guaido menyerukan pembebasan Zambrano dan menuding rezim Maduro telah melakukan penculikan terhadap anggotanya. Penangkapan Zambrano ini juga dikecam oleh Amerika Serikat (AS) yang mendukung oposisi Venezuela.
 
Guaido mengalami kemunduran dalam usahanya untuk menjatuhkan Maduro, Kemunduran itu terlihat dari rendahnya tingkat partisipasi warga dalam unjuk rasa yang digelar pada Sabtu 4 Mei. Dalam aksi saat itu, jumlah orang yang mengikuti seruan Guaido hanya di kisaran ratusan, bukan ribuan.
 
Konflik politik terbaru di Venezuela dimulai sejak Januari lalu, saat Guaido mendeklarasikan diri sebagai presiden interim pengganti Maduro. Guaido menilai kepemimpinan periode kedua Maduro tidak sah karena pemilu tidak diikuti banyak tokoh -- sebagian dipenjara, sisanya dilarang berpartisipasi.
 
Namun Maduro masih kokoh di kursi kepresidenan, karena dirinya masih didukung mayoritas elemen militer Venezuela, Ia juga didukung beberapa negara besar, termasuk Rusia dan Tiongkok.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif