Presiden baru Argentina mengacungkan jarinya dalam pelantikan di Buenos Aires, 10 Desember 2019. (Foto: AFP/JUAN CARLOS CARDENAS)
Presiden baru Argentina mengacungkan jarinya dalam pelantikan di Buenos Aires, 10 Desember 2019. (Foto: AFP/JUAN CARLOS CARDENAS)

Alberto Fernandez Dilantik Sebagai Presiden Argentina

Internasional argentina
Arpan Rahman • 11 Desember 2019 15:06
Buenos Aires: Politikus ternama Alberto Fernandez dilantik sebagai presiden baru Argentina, Selasa 10 Desember. Pelantikan ini menandai perubahan haluan ke sayap bagi di Argentina, negara dengan perekonomian ketiga terbesar di Amerika Latin.
 
Pria 60 tahun itu mengucapkan sumpah jabatan di hadapan para anggota kongres Argentina. Hadir pula dalam pelantikan sejumlah perwakilan negara tetangga, termasuk Brasil dan Amerika Serikat.
 
Fernandez menjadi presiden baru Argentina menggantikan Mauricio Macri. Fernandez datang ke lokasi pelantikan dengan menaiki mobil miliknya sendiri, sembari melambaikan tangan ke arah warga sepanjang perjalanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usai pelantikan, Fernandez bertolak menuju istana kepresidenan Casa Rosada dan menggelar acara seremonial bersama jajaran menteri kabinet baru Argentina.
 
Para pendukung Fernandez bersorak-sorai di lapangan Plaza de Mayo di wilayah pusat Buenos Aires. Mereka melambaikan spanduk dan memukul-mukul drum sebagai ungkapan kegembiraan, sementara sejumlah pedagang makanan menyuguhkan sosis khas Argentina, "choripan."
 
"Hari ini akan ada pesta besar," kata Rafael Mantero, seorang pedagang makanan dari kota Rosario, dikutip dari Al Jazeera, Selasa 10 Desember 2019.
 
Teresa Bo dari Al Jazeera mengatakan tantangan terbesar Fernandez adalah mengatasi masalah inflasi Argentina yang sudah berada di atas 50 persen dan kemiskinan mendekati 40 persen dari total populasi.
 
Fernandez juga harus mampu bernegosiasi dengan sejumlah peminjam dana, termasuk Dana Moneter Internasional (IMF). Dana pinjaman diperlukan Argentina untuk mendorong perekonomian.
 
Sementara di bidang politik, Fernandez harus dapat memperbaiki hubungannya dengan Brasil. Meski mengirim perwakilan ke Buenos Aires, Presiden Brasil Jair Bolsonaro tidak hadir dalam pelantikan Fernandez. Ini merupakan kali pertama sejak 2002 seorang presiden Brasil tidak hadir dalam pelantikan kepala negara Argentina.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif