Presiden AS Donald Trump akan ke Davos, Swiss ditengah ancaman pemakzulan. Foto:A FP
Presiden AS Donald Trump akan ke Davos, Swiss ditengah ancaman pemakzulan. Foto:A FP

Sidang Pemakzulan, Trump Akan 'Mengungsi' ke Swiss

Internasional forum ekonomi dunia donald trump
Fajar Nugraha • 17 Januari 2020 11:56
Davos: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menjauh dari panasnya sidang pemakzulan di Senat. Trump akan menghabiskan waktu di Davos, Swiss. Menghadiri Forum Ekonomi Dunia (World Economy Forum/WEF) menjadi pelarian tepat bagi Trump.
 
Suhu di Davos tentunya diharapkan bisa membuat Trump lebih tenang menghadapi sidang pemakzulan. Tidak hanya itu, Trump pun akan menginap di sebuah resor ski mewah di Swiss.
 
Trump sangat yakin bahwa mayoritas partai Republiknya akan tetap setia sehingga ia melihat tidak ada risiko terbang ke Swiss untuk Forum Ekonomi Dunia tahunan pada Selasa 22 Januari 2020. Hari itu tepat ketika anggota parlemen berkumpul untuk persidangan bersejarah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya akan pergi ke Davos. Saya akan bertemu para pemimpin bisnis terbesar di dunia, membuat mereka datang ke sini. Saya juga akan bertemu dengan para pemimpin asing," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, seperti dikutip AFP, Jumat, 17 Januari 2020.
 
Di Washington, anggota parlemen dari Partai Demokrat akan berargumen bahwa Trump adalah pemimpin yang korup yang menyalahgunakan kekuasaannya dengan mencoba mempersenjatai Ukraina ke dalam penyelidikan palsu. Adapun penyelidikan itu bertujuan menodai calon pesaing Trump, yakni Joe Biden. Tujuan Partai Demokrat sangat jelas, mereka akan meminta Trump untuk dipecat.
 
Lebih dari hampir 6.800 km jauhnya, Trump akan menyombongkan diri melalui Konferensi Davos sebagai bintang forum yang tidak dipertanyakan.
 
Davos adalah tempat para penggerak dan pelopor dunia berkumpul setiap tahun untuk diskusi informal tentang masalah-masalah berat. Pembenci dari kelompok ini menyebutnya toko bincang-bincang untuk para miliarder dan selebritas yang tidak tersentuh. Tahun ini sebagian besar pemimpin internasional sedang menjauh.
 
KTT ini menjadi forum jelas bagi Trump untuk melakukan apa yang dia lakukan yang terbaik - memuji pencapaiannya dan menyedot perhatian.
 
"Kami sedang booming. Tidak ada yang dekat,” tegasnya
 
"Setiap pemimpin dunia melihatku dan berkata, 'Apa yang telah kamu lakukan? Ini adalah hal paling luar biasa yang pernah kita lihat,’” sebut Trump.
 
Meskipun tema Davos 2020 adalah darurat iklim, lengkap dengan penampilan oleh aktivis remaja Greta Thunberg, Trump memiliki sedikit kepercayaan pada pemanasan global.
 
Dia akan mendorong agendanya sendiri. Dia akan "menghadapi bahaya sosialisme," penasihat utama Kellyanne Conway mengatakan kepada wartawan, Kamis.
 
"Dia akan terus berbicara tentang pasar saham, membuat anggota NATO membayar untuk menyediakan keamanan bersama, dan juga berbicara tentang ekonomi global,” pungkas Conway.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif