Pemandangan umum kota Wuhan di provinsi Hubei, Tiongkok, 27 Januari 2020. (Foto: AFP/HECTOR RETAMAL)
Pemandangan umum kota Wuhan di provinsi Hubei, Tiongkok, 27 Januari 2020. (Foto: AFP/HECTOR RETAMAL)

AS Berencana Evakuasi Diplomat dari Wuhan Rabu Besok

Internasional amerika serikat virus korona tiongkok
Willy Haryono • 28 Januari 2020 08:24
Washington: Amerika Serikat telah menyiapkan sebuah pesawat sewaan untuk mengevakuasi ratusan diplomat AS beserta keluarga mereka dari Wuhan, kota pusat penyebaran virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV). Evakuasi dijadwalkan berlangsung Rabu besok, 29 Januari 2020.
 
Awalnya, AS menjadwalkan evakuasi para diplomat ini pada Selasa ini.
 
"Semua individu yang dievakuasi akan terlebih dahulu diperiksa di bandara sebelum berangkat," ucap Kementerian Luar Negeri AS, dikutip dari AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut laporan Wall Street Journal (WSJ), evakuasi ini akan melibatkan sebagian dari sekitar 1.000 warga AS di Wuhan. Pesawat sewaan ini disebut-sebut memiliki kapasitas 230 orang.
 
WSJ menyebut prioritas dalam evakuasi ini adalah diplomat beserta keluarga mereka, dan juga beberapa warga sipil AS. Nantinya pesawat sewaan akan terbang dari Wuhan menuju California.
 
Sementara itu, Kemenlu AS menyerukan kepada seluruh warga untuk "mempertimbangkan kembali" rencana bepergian ke Tiongkok. Khusus untuk provinsi Hubei tempat Wuhan berada, Kemenlu AS memperingatkan keras agar tidak ada warga yang pergi ke sana.
 
Sejauh ini, virus korona nCoV telah menewaskan 82 orang, dengan kasus infeksi mencapai lebih dari 2.740. Semua kematian sejauh ini terjadi di Tiongkok.
 
Pemerintah Prancis juga berencana mengevakuasi warga mereka dari Wuhan dengan menggunakan pesawat. "Warga akan direpatriasi dengan penerbangan langsung ke Prancis lewat persetujuan otoritas Tiongkok," kata Menteri Kesehatan Prancis Agnes Buzyn.
 
"Evakuasi dijadwalkan berlangsung pertengahan pekan ini," lanjutnya.
 
Virus korona nCoV telah bermunculan di banyak negara, di antaranya Thailand, Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Taiwan, Singapura, Malaysia, Kanada, Prancis dan juga Jerman.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif