120 Negara Anggota PBB Kecam Serangan Israel ke Palestina
Suasana pemungutan suara di Majelis Umum PBB, New York. (Foto: AFP)
New York: Sebuah resolusi diadopsi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengutuk serangan Israel terhadap warga Palestina di Gaza. Resolusi ini didukung oleh 120 negara anggota.

Resolusi itu menyebut bahwa Israel menggunakan kekuatan berlebihan, tidak proporsional dan tidak pandang bulu terhadap warga sipil Palestina.

Mereka juga menyerukan langkah-langkah perlindungan bagi warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki Israel.


Dilansir AFP, Kamis 14 Juni 2018, resolusi ini dibentuk atas prakarsa Aljazair dan Turki dan disetujui 120 negara meski ada 8 suara menentang dan 45 abstain.

Tidak seperti Dewan Keamanan PBB yang di mana salah satu dari Anggota Tetap bisa memberikan hak veto akan sebuah resolusi, di Majelis Umum PBB tidak ada hak veto.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pun mengusulkan dibentuknya sebuah perlindungan bagi warga Palestina.

"Kami hanya meminta hal yang sederhana. Kami ingin penduduk sipil kami dilindungi," kata Duta Besar Palestina untuk PBB Riyad Mansour kepada majelis.

Duta Besar Turki untuk PBB Feridun Hadi Sinirlioglu juga membela permintaan tersebut dan semua negara harus memihak pada hukum internasional.

Prancis berada di antara 12 negara Uni Eropa yang mendukung resolusi, namun Inggris abstain bersama italia, Polandia dan 13 negara Uni Eropa lainnya.

Rusia dan Tiongkok juga mendukung resolusi tersebut. Sementara itu, Amerika Serikat (AS), Israel, Australia, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru, Kepulauan Solomon dan Togo menentangnya.



(FJR)