Warga tiba di Bandara Internasioal LAX di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) gunakan masker. Foto: AFP
Warga tiba di Bandara Internasioal LAX di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) gunakan masker. Foto: AFP

AS Sebut Tiongkok Belum Mau Terima Tawaran Bantuan

Internasional amerika serikat virus korona tiongkok
Marcheilla Ariesta • 03 Februari 2020 12:58
Washington: Amerika Serikat (AS) menawarkan bantuan untuk menanggulangani ancaman virus korona kepada Tiongkok. Namun, Penasihat Keamanan Nasional AS, Robert O'Brien mengatakan, Tiongkok belum menerima bantuan tersebut.
 
"Kami (AS) memiliki keahlian luar biasa. Ini masalah dunia, kami ingin membantu kolega Tiongkok jika kami bisa. Kami telah membuat penawaran dan kami akan melihat apakah mereka menerima tawaran tersebut," kata O'Brien, dikutip dari laman India Today, Senin 3 Februari 2020.
 
O'Brien dalam wawancaranya dengan CBC Face the Nation mengatakan Beijing masih belum menanggapi tawaran bantuan AS dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pejabat CDC kini berada di negara tetangga, Kazakhstan untuk membantu menjaga penyebaran virus. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyatakan pihaknya membantu di Kazakhstan karena wilayah tersebut memiliki perbatasan yang panjang dengan Tiongkok.
 
Sementara itu, negara-negara anggota G7 tengah mencari prosedur terpadu untuk mengatasi virus korona yang menyebar cepat. "Kami akan mengadakan konferensi mengenai virus itu," kata Menteri Kesehatan Jerman, Jens Spahn.
 
Negara anggota G7 lainnya, seperti Prancis, Italia, Jepang, Kanada dan Inggris masih belum berkomentar mengenai hal tersebut.
 
Per hari ini, jumlah korban meninggal akibat virus Novel Coronavirus (nCoV) berjumlah 361 orang. Jumlah ini melampaui kematian akibat penyakit Sindrom Pernapasan Akut Berat (SARS) di pulau utama Tiongkok pada periode 2002-2003.
 
Data terbaru disampaikan usai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan kematian perdana virus korona di luar Tiongkok, yakni di Filipina.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif