Korban Tewas Erupsi Gunung Fuego Jadi 62 Orang
Asap yang mengepul dari gunung Fuego. (Foto: AFP)
Guatemala City: Erupsi gunung berapi Fuego di Guatemala kini memakan korban jiwa hingga 62 orang, dari jumlah awal yang terhitung 25 orang. 

Gunung api yang meletus pada Minggu 3 Juni kemarin, memuntahkan aliran lava dan asap setinggi 9 kilometer ke udara. Disebutkan, korban luka-luka juga termasuk anak-anak yang mengalami luka bakar.

Dilansir dari AFP, Selasa 5 Juni 2018, abu dari gunung berapi ini juga telah menyebar hingga radius 19 kilometer dan embusan angin dapat membawa abu terbang lebih jauh.


Sejauh ini, lebih dari 3.100 orang telah dievakuasi dan 1,7 juta orang terkena dampak erupsi. Pihak berwenang segera mengumumkan evakuasi bagi warga yang tinggal di sekitar gunung.

Negara bagian Chimaltenang, Sacatepequez, dan Escuintla diharap waspada dengan muntahan batu dan abu dari gunung Fuego tersebut. Warga juga diimbau untuk menghindar dari jalan-jalan sekitar gunung. 

Juru bicara otoritas penanggulangan bencana menyebut perubahan arah angin telah membuat debu vulkanik juga turun di ibu kota.

Militer Guatemala dikerahkan ke beberapa titik, termasuk untuk membersihkan debu vulkanik dari landasan pacu bandara La Aurora.




(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id