Presiden AS Donald Trump terancam dimakzulkan. Foto: AFP
Presiden AS Donald Trump terancam dimakzulkan. Foto: AFP

Penyelidikan Terbuka Pemakzulan Trump Berlangsung Minggu Depan

Internasional Pemakzulan Trump
Fajar Nugraha • 07 November 2019 06:14
Washington: Audiensi publik dalam penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dijadwalkan berlangsung minggu depan. Ini menandai fase baru dalam penyelidikan.
 
Seperti dilansir Al Jazeera, Kamis, 7 November 2019, sampai saat ini para penyelidik DPR AS hanya mengadakan sesi tertutup dengan sejumlah pejabat dan mantan pejabat. Mereka mencari informasi mengenai peran Trump.
 
Penyelidikan pemakzulan berpusat pada panggilan telepon 25 Juli antara Trump dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di mana presiden AS meminta pemimpin Ukraina untuk menyelidiki mantan Wakil Presiden Joe Biden dan putranya, Hunter yang pernah bertugas di perbatasan perusahaan gas Ukraina. Joe Biden merupakan calon lawan potensial Trump untuk Pemilu AS 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Permintaan itu datang ketika Trump menahan hampir USD400 juta bantuan militer ke Ukraina. Hal ini mendorong spekulasi bahwa Presiden AS menggunakan bantuan itu untuk menekan Ukraina melakukan penyelidikan terhadap Biden.
 
Tidak ada bukti kesalahan dilakukan oleh keluarga Biden. Sementara Trump bersikeras tidak melakukan tekanan apapun. Bagi Trump penyelidikan impeachment sebagai "perburuan penyihir".
 
Selama audiensi publik, pengacara untuk komite yang terlibat dalam penyelidikan, akan melakukan pemeriksaan untuk waktu yang lama. Beberapa nama sudah dipersiapkan diperiksa.
 
Pada 13 November, diplomat karier AS, William Taylor akan memberikan keterangannya. Taylor adalah Duta Besar AS di Ukraina. Selain itu, Wakil Menteri Luar Negeri untuk Eropa Timur juga akan diperiksa.
 
Sementara pada 15 November, Marie Yovanovitch, mantan Duta Besar AS untuk Ukraina juga akan memberikan kesaksian.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif