Lopez Obrador Resmi Dilantik Jadi Presiden Meksiko
Andres Manuel Lopez Obrador bersiap memberikan pidato usai dilantik sebagai presiden di Mexico City, Meksiko, 1 Desember 2018. (Foto: AFP/Alfredo Estrella)
Mexico City: Andres Manuel Lopez Obrador resmi dilantik sebagai presiden di gedung parlemen di Mexico City, Meksiko, Sabtu 1 Desember 2018. Ia adalah tokoh sayap kiri pertama yang menjadi presiden Meksiko dalam tujuh dekade.

Mantan Wali Kota Mexico City itu bertekad memberantas korupsi dan melakukan transformasi menyeluruh demi kaum miskin dan terpinggirkan di Meksiko. Pria berusia 65 tahun itu, akrab disapa Amlo, menang besar dalam pemilihan umum presiden pada Juli lalu.

"Kita akan melakukan transformasi mendalam secara damai," tegas Lopez Obrador, seperti dikutip dari kantor berita BBC.


Politikus veteran itu memulai masa kerjanya hingga enam tahun ke depan, dengan tingkat kepuasan publik saat ini mencapai 56 persen.

Pendahulunya, Enrique Pena Nieto, meninggalkan jabatan presiden dengan tingkat kepuasan 24 persen. Pemerintahan Nieto dipenuhi skandal korupsi dan tingkat rata-rata kematian yang tinggi dalam berbagai kasus kriminal.

Presiden Lopez Obrador kini mendapat banyak 'warisan' masalah dari Pena Nieto, termasuk mengenai ribuan imigran asal Amerika Tengah yang bermukim di perbatasan Meksiko-Amerika Serikat.

Sejumlah tokoh asing, termasuk Wakil Presiden AS Mike Pence, putri pertama Donald Trump, Ivanka, dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro menghadiri upacara pelantikan Lopez Obrador di ibu kota.




(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id