Jemaah calon haji dari seluruh dunia mengitar Kakbah dalam Ibadah Haji. Foto: AFP.
Jemaah calon haji dari seluruh dunia mengitar Kakbah dalam Ibadah Haji. Foto: AFP.

Menlu AS: Selamat Iduladha Umat Muslim Dunia

Internasional Haji 2019
Marcheilla Ariesta • 12 Agustus 2019 11:33
Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menyampaikan ucapan selamat Iduladha untuk seluruh umat Muslim seluruh dunia. Pernyataan ini dikeluarkan dalam situs resmi Kementerian Luar Negeri AS.
 
"Saya menyampaikan salam hangat kepada umat Muslim di seluruh dunia yang merayakan Iduladha. Mulai dari teman dan sekutu, hingga kolega Muslim kami di Kementerian Luar Negeri AS," kata Pompeo, Senin, 12 Agustus 2019.
 
Dia menyatakan Iduladha menandai berakhirnya ibadah haji. Jutaan umat Muslim dari seluruh dunia, kata dia, melakukan ziarah ke Makkah, dan merenungkan pengorbanan serta kesetiaan Nabi Ibrahim kepada Allah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebuah perayaan untuk berbagi bingkisan, beramal, dan persahabatan," tuturnya.
 
"Ibadah haji juga sebagai pengingat komitmen bersama kami untuk menjunjung tinggi hak semua individu untuk secara bebas menjalankan keagamaan," imbuh Pompeo.
 
Dia berpesan kepada jutaan jemaah haji yang akan kembali ke negara masing-masing untuk menikmati perjalanan yang aman. "Saya berharap, Anda menikmati perjalanan yang aman dan nyaman. Selamat berhari raya," pungkasnya.
 
Ibadah haji adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh setiap Muslim setidaknya satu kali seumur hidup jika mereka cukup sehat dan memiliki sarana untuk melakukannya.
 
Hampir 2,5 juta jemaah haji Muslim kemarin berkumpul di Gunung Arafat di Arab Saudi. Otoritas setempat mengerahkan puluhan ribu pelayan dalam upaya mencegah pengulangan upaya desak-desakan tahun lalu yang mematikan.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif