NEWSTICKER
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Trump Awasi Korut Secara Seksama

Internasional korea utara Amerika Serikat-Korea Utara
Willy Haryono • 17 Desember 2019 09:58
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku akan merasa "kecewa" jika Korea Utara sedang merencanakan sesuatu yang dapat merusak kelanjutan dari dialog nuklir. Korut berulang kali menegaskan dialog denuklirisasi baru dapat dilanjutkan jika AS bersedia mengubah sikapnya, dengan batas akhir hingga penghujung 2019.
 
Dalam beberapa pekan terakhir, Korut melayangkan pernyataan provokatif kepada AS. Bahkan, Pyongyang pernah menjanjikan memberi "hadiah natal" jika Washington tidak juga bersedia menghadirkan semacam konsesi.
 
Utusan khusus AS Stephen Biegun mengatakan bahwa rangkaian pernyataan Korut belakangan ini bersifat "bermusuhan dan juga negatif."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lihat saja nanti. Saya akan merasa sangat kecewa jika mereka sedang merencanakan sesuatu. Jika memang ada sesuatu, maka kami akan mengatasinya," kata Trump kepada awak media di Gedung Putih.
 
"Saat ini kami sedang mengawasi (Korut) secara seksama," sambung dia.
 
Negosiasi nuklir antara kedua negara terhenti meski Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un telah tiga kali bertemu. Dua pertemuan digelar dalam format resmi, sedangkan yang ketiga bernuansa informal.
 
Korut telah menegaskan bahwa jika AS gagal memberikan tawaran yang dapat diterima, maka Pyongyang akan mengadopsi sebuah "jalan baru."
 
Bulan ini, Korut telah melakukan serangkaian uji coba di situs peluncuran roket Sohae. Padahal sebelumnya Kim telah berjanji akan membongkar situs tersebut.
 
"Retorika mereka mengkhawatirkan," ujar Menteri Pertahanan AS Mark Esper. Ia meyakini Korut akan terus melakukan aksi provokatif di masa mendatang.
 
Jepang dan beberapa negara lain mengatakan Korut telah melakukan sejumlah peluncuran misil balistik. Di bahwa resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Korut dilarang melakukan peluncuran semacam itu.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif