Pesawat kepresidenan Meksiko akan dijual untuk danai imigran. (Foto: Anadolu Agency/Getty Images).
Pesawat kepresidenan Meksiko akan dijual untuk danai imigran. (Foto: Anadolu Agency/Getty Images).

Danai Imigran, Presiden Meksiko Jual Pesawat Kepresidenan

Internasional AS-Meksiko
Marcheilla Ariesta • 13 Juni 2019 11:32
Mexico City: Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berjanji akan mendanai imigran ke Meksiko dari Amerika Tengah. Uang pendanaan tersebut akan diambil dari penjualan pesawat kepresidenan, 787 Dreamliner.
 
Dana dari penjualan tersebut akan digunakan untuk penempatan penjaga nasional yang baru dibentuk. Nantinya pasukan ini memiliki kekuatan untuk menahan para migran tanpa dokumen yang benar.
 
"Tentang berapa biaya rencana ini, biar saya katakan. Kami memiliki anggaran," ujar Obrador yang kerap disapa Amlo, dilansir dari Guardian, Kamis, 13 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Biaya akan kami keluarkan dari hasil penjualan pesawat kepresidenan yang mewah," imbuh dia.
 
Amlo mengatakan harga awal untuk pesawat itu adalah USD150 juta atau sekitar Rp2,1 triliun. Dia berharap penjualan akan ditutup pekan ini.
 
Pada Selasa lalu, Menteri Luar Negeri Marcelo Ebrard mengatakan kesepakatan imigrasi akan ditinjau kembali dalam 45 hari. Kesepakatan regional dengan negara-negara di Amerika Tengah dan Selatan juga akan dicari jika arus migran gagal melambat.
 
Namun, para kritikus menyangsikan keberadaan penjaga nasional untuk membantu mencegah imigran. Mereka mengatakan bahwa penjaga nasional yang baru awalnya akan dibuat untuk memerangi kejahatan terorganisir dan mengendalikan pembunuhan yang meningkat di Meksiko.
 
"Sekarang mereka menggunakan penjaga nasional ini tidak hanya untuk menenangkan negara, namun juga penahanan migran," kata Alberto Xicotencatl, direktur tempat penampungan migran di kota Saltillo.
 
"Ini mengejutkan kita sebagai wacana munafik," imbuh dia.
 
Baca juga:Trump Tangguhkan Ancaman Tarif Tanpa Batas Meksiko
 
Di bawah kesepakatan yang dicapai pada Jumat pekan lalu, Meksiko setuju menegakkan langkah-langkah baru untuk menghentikan migran melintasi wilayahnya. Langkah baru ini guna mencegah ancaman Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberlakukan tarif impor lima persen pada barang-barang Meksiko.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif