Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP).
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP).

Jika Jepang Diserang, AS Siap Perang Dunia III

Internasional as-jepang
Marcheilla Ariesta • 27 Juni 2019 14:10
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan jika Jepang diserang, maka AS akan melakukan Perang Dunia III. Pernyataan ini disampaikan kala dia diwawancarai Fox Business Network jelang keberangkatannya ke G20.
 
"Jika Jepang diserang, kita akan melakukan Perang Dunia III, dengan segala hidup dan harta kita," kata Trump, dilansir dari laman CNN, Kamis, 27 Juni 2019.
 
Meski demikian, hal itu tidak berlaku jika AS yang diserang. "Jika kita (AS) yang diserang, Jepang tidak harus membantu kita sama sekali. Jepang dapat menontonnya di televisi Sony," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam wawancara tersebut, Trump ditanya mengenai kemungkinan kesepakatan perdagangan bilateral menjelang perjalanan G-20. Trump menjawab, semua negara di dunia akan mengambil keuntungan luar biasa dengan kesepakatan tersebut.
 
Awal pekan ini, Bloomberg melaporkan Trump secara pribadi merenungkan tentang menarik diri dari perjanjian pertahanan dengan sekutunya, Jepang. Diduga, ini juga yang ingin disampaikan Trump dalam wawancaranya dengan Fox Business.
 
AS telah menjadi sekutu dekat Jepang baik dalam bidang militer, maupun diplomatik, selama 70 tahun terakhir. Kedua negara pertama kali menandatangani Perjanjian San Francisco pada 1951, yang secara resmi mengakhiri Perang Dunia II.
 
Perjanjian tersebut direvisi pada 1960 sebagai 'Perjanjian Kerja Sama dan Keamanan Bersama antara Amerika Serikat dan Jepang'. Kesepakatan ini memungkinkan AS mempertahankan pangkalan militer di Jepang, dengan pemahaman akan membela Negeri Sakura jika diserang.
 
Meski demikian, Donald Trump telah berulang kali mendesak sekutunya di Asia Timur itu untuk melakukan pertahanan sendiri. Dia 'menggoda' Jepang dengan cara akan menarik militernya dari negara tersebut.
 
Trump melakukan itu sembari mendorong Tokyo membeli lebih banyak senjata dari Washington. Dia menyebutkan agar Jepang bisa melindungi diri dari ancaman Korea Utara.
 
Jelang G20 di Osaka, Jepang, Trump menyuarakan kekesalannya atas perjanjian militer dengan sekutu-sekutu utama. Dia mengkritik negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang gagal memenuhi belanja untuk pertahanan.
 
NATO dianggap gagal membelanjakan cukup uang untuk pertahanan, dan memenuhi dua persen dari target Produk Domestik Bruto (PDB) yang direkomendasikan aliansi. Target itu hanya dipenuhi tujuh anggota saat ini, diantaranya Inggris, Estonia, Yunani dan Polandia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif