Polisi menjaga area sekitar penjara La Toma di Veracruz, Meksiko, 1 April 2018. (Foto: AFP/VICTORIA RAZO)
Polisi menjaga area sekitar penjara La Toma di Veracruz, Meksiko, 1 April 2018. (Foto: AFP/VICTORIA RAZO)

Enam Polisi Tewas dalam Kerusuhan di Penjara Meksiko

Internasional geng meksiko meksiko
Willy Haryono • 02 April 2018 10:28
Veracruz: Tujuh orang, termasuk enam polisi, tewas dalam kerusuhan di sebuah penjara di Meksiko timur, Minggu 1 April 2018. Ini merupakan aksi kekerasan terbaru yang berujung kematian di penjara Meksiko.
 
Peristiwa bermula saat polisi berusaha memindahkan sekelompok narapidana "yang sangat berbahaya" dari penjara La Toma di negara bagian Veracruz. Saat proses pemindahan, sejumlah narapidana menyerang enam aparat, mengunci mereka di ruang tertutup dan membakarnya.
 
"Para narapidana menyalakan api, menyebabkan enam petugas meninggal dunia akibat menghirup terlalu banyak asap," ujar pernyataan resmi pemerintah Veracruz, seperti dilansir AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Korban ketujuh yang identitasnya belum teridentifikasi juga tewas dalam kerusuhan tersebut. Lima belas polisi dan tujuh napi juga terluka dalam peristiwa tersebut.
 
Militer Meksiko dikirim ke penjara La Toma untuk membantu kepolisian. Menurut seorang fotografer kantor berita AFP, sejumlah anggota keluarga narapidana menunggu kabar dari luar penjara.
 
Sejumlah penjara di Meksiko sering dilanda kekacauan, pembunuhan dan pembobolan. Banyak geng kriminal menguasai penjara-penjara di Meksiko secara de facto. Mereka beroperasi dengan didukung sipir dan pejabat lokal yang korup.
 
Selain di Meksiko, kericuhan mematikan di penjara juga menjadi masalah besar di Amerika Latin.
 
Rabu lalu, 68 orang tewas dalam sebuah kebakaran di tengah kekacauan di pusat detensi Venezuela. Dua dari korban tewas adalah pengunjung.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif