Presiden AS Donald Trump usai kembali ke Gedung Putih, Washington, 3 November 2019. (Foto: AFP/OLIVIER DOULIERY)
Presiden AS Donald Trump usai kembali ke Gedung Putih, Washington, 3 November 2019. (Foto: AFP/OLIVIER DOULIERY)

Dikritik Gubernur California, Trump Ancam Hentikan Bantuan

Internasional kebakaran hutan california
Willy Haryono • 04 November 2019 08:25
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali mengancam akan menahan dana bantuan federal ke negara bagian California yang saat ini masih dilanda kebakaran hutan.
 
Ancaman dilayangkan usai Gubernur California Gavin Newsom, seorang politikus Demokrat, mengkritik sejumlah kebijakan lingkungan Trump.
 
Sejak dua pekan terakhir, kebakaran hutan telah melalap sekitar 40 ribu hektare lahan di California. Minggu 3 November 2019, petugas pemadam berusaha mengendalikan kebakaran bernama Maria Fire, yang berlokasi sekitar 100 kilometer dari Los Angeles.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahun lalu, Trump juga pernah mengancam akan menghentikan bantuan dana federal ke California. Ia menyebut Gubernur Newsom tidak becus dalam menangani "manajemen kehutanan."
 
"Setiap tahun, saat kebakaran melanda California, dia (Newsom) selalu datang ke Pemerintah Federal untuk meminta dana bantuan. Mulai sekarang sudah tidak ada lagi. Tolong bekerja yang benar, Pak Gubernur," tulis Trump di Twitter, dilansir dari AFP.
 
Merespons ancaman Trump, Newsom juga menuliskan kritiknya di Twitter. "Anda tidak percaya dengan perubahan iklim. Anda tidak perlu ikut membicarakan masalah ini," tulisnya.
 
Kritik Newsom kepada Trump dituliskan secara lengkap dalam wawancara bersama The New York times belakangan ini. Inti dari kritik Newsom adalah kebijakan kontroversial Trump yang tidak mendukung perlindungan lingkungan.
 
Trump beberapa kali mempertanyakan konsensus ilmiah bahwa aktivitas manusia adalah penyebab utama perubahan iklim, termasuk soal kondisi kekeringan di California yang memicu kebakaran hutan.
 
Sementara itu, petugas pemadam masih berusaha keras mengendalikan Maria Fire sepanjang Minggu 3 November. Mereka mengaku telah berhasil mengendalikan 50 persen dari total kobaran Maria Fire.
 
Kebakaran lainnya, Kincade Fire di utara San Francisco, diklaim telah berhasil dikendalikan sebesar 76 persen.
 
Beberapa kebakaran lainnya, termasuk yang mengancam bangunan ikonik Getty Museum di Los Angeles, telah mereda. Sejumlah warga, termasuk beberapa selebritas, yang sebelumnya mengungsi kini mulai kembali ke rumah mereka masing-masing.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif