Ilustrasi. (Foto: AFP)
Ilustrasi. (Foto: AFP)

AS Kirim Dua Kapal ke Selat Taiwan

Internasional amerika serikat taiwan
Sonya Michaella • 23 Mei 2019 10:05
Washington: Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan telah mengirim dua kapal Angkatan Laut menuju Selat Taiwan. Aksi ini diperkirakan membuat Tiongkok berang di mana Taiwan ingin melepaskan diri dari negara tersebut.
 
AS mengirim kapal perusak Preble dan kapal tanker Walter S Diehl. Pengiriman ini dilakukan untuk menunjukkan komitmen AS terhadap Indo-Pasifik.
 
"Pengirima kapal-kapal yang akan melalui Selat Taiwan ini menunjukkan komitmen AS terhadap konsep Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata Juru Bicara Armada Ketujuh Angkatan Laut AS, Komandan Clay Doss, dikutip dari AFP, Kamis 23 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AS yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan tetap mempertahankan hubungan baik meski kerap ditentang oleh Tiongkok.
 
Ketegangan kerap muncul di antara Taiwan dan Tiongkok. Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen mengatakan bahwa Tiongkok telah meningkatkan upaya mereka untuk menyusup dan mendapatkan pengaruh di Taiwan. Untuk mencegah hal tersebut, Taiwan akan meningkatkan kemampuan pertahanan.
 
Tsai menambahkan peningkatan kemampuan pertahanan yang akan dilakukan Taiwan, termasuk meningkatkan peralatan militer, dan program pembangunan kapal selam lokal.
 
Kala itu, Beijing melakukan latihan ekstensif dengan kapal perang, pengebom dan pesawat intai di sekitar pulau tersebut.
 
Taiwan langsung mengirimkan jet untuk memantau latihan tersebut. Menurut pejabat senior Amerika Serikat (AS) saat itu, latihan digambarkan sebagai 'paksaan' dan ancaman terhadap stabilitas regional.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif