Pengungsi Venezuela di Peru. (Foto: AFP)
Pengungsi Venezuela di Peru. (Foto: AFP)

Venezuela Tuding Peru Sebarkan Xenofobia

Internasional venezuela peru
Sonya Michaella • 30 September 2019 15:39
Caracas: Venezuela menuduh Pemerintah Peru menyebarkan xenofobia atau rasa ketidaksukaan terhadap warga negara lain, terutama terhadap para pengungsi asal Venezuela yang masuk ke Peru.
 
Krisis ekonomi yang terjadi di Venezuela mengakibatkan jutaan warganya melarikan diri dan mengungsi ke negara tetangga, salah satunya Peru. Hingga tahun ini, terdapat 850 ribu imigran Venezuela yang tinggal di Peru.
 
Sejak mereka tinggal di Peru, beredar tuduhan bahwa imigran Venezuela membawa kejahatan dan membebani layanan sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini adalah tuduhan yang tidak manusiawi. Ini dilakukan oleh otoritas Peru dan didorong oleh kampanye kebencian terhadap Venezuela," kata Menteri Luar Negeri Venezuela Jorge Arreaza, dikutip dari AFP, Senin 30 September 2019.
 
Caracas juga mengecam Lima karena melanggar dan mengabaikan tanggung jawab internasional dengan mempromosikan dan menyebarkan paham xenofobia ke dunia.
 
Peru adalah satu dari sekian negara yang mendukung oposisi Juan Guaido dan menolak pemerintahan Nicolas Maduro. Peru menyebut Maduro adalah pelaku kecurangan dalam pemilu tahun lalu.
 
"Peru dengan tegas menolak tuduhan menyebarkan xenofobia yang tidak berdasar dan dibuat oleh rezim Nicolas Maduro, yang tidak sah dan seorang diktator," sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri Peru.
 
Peru juga menuding administrasi Maduro mengusir jutaan rakyatnya sendiri dan tidak bertanggungjawab atas warga negaranya. 
 
(WAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif