Ilustrasi grafik guncangan gempa bumi. (Foto: Medcom)
Ilustrasi grafik guncangan gempa bumi. (Foto: Medcom)

Gempa Bumi Magnitudo 6,4 Guncang Puerto Rico

Internasional Gempa Bumi puerto rico
Willy Haryono • 07 Januari 2020 20:25
San Juan: Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 mengguncang Puerto Rico pada Selasa 7 Januari 2019. Guncangan ini merupakan yang terbesar dari rangkaian gempa di Puerto Rico dalam beberapa hari terakhir.
 
Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS mencatat gempa terjadi pada pukul 04.24 waktu setempat, dengan kedalaman mencapai 10 kilometer. Awalnya USGS mencatat kekuatan gempa di angka 6,6, namun direvisi tak lama kemudian.
 
Gempa tersebut diikuti dua guncangan susulan berkekuatan magnitudo 5,6 dan 4,5. Peringatan gelombang tsunami sempat dideklarasikan untuk Puerto Rico dan Virgin Islands, meski pada akhirnya dibatalkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Albert Rodriguez, seorang warga dari kota Guanica, mengaku sempat mendengar sirene tsunami. Ia mengatakan gempa terbaru ini telah menimbulkan kerusakan di beberapa titik permukiman warga.
 
"Jalan raya terbelah, dan beberapa bagiannya terangkat dari tanah," ujar dia, dikutip dari One India. Wali Kota Guayanilla, Nelson Torres, mengatakan kepada stasiun radio NotiUno bahwa sebuah gereja di area plaza kota telah roboh diguncang gempa.
 
Gubernur Puerto Rico Wanda Vasquez mengonfirmasi bahwa hingga pukul 06.00 pagi, tidak ada laporan kematian akibat gempa. Ia memerintahkan agar seluruh aktivitas perkantoran dihentikan hari ini, dan mengimbau semua warga untuk tetap tenang.
 
Senin kemarin, gempa berkekuatan magnitudo 5,8 merobohkan lima rumah di kota Guanica. Gempa juga memicu tanah longsor dan pemadaman listrik di sejumlah area.
 
Salah satu gempa terkuat dan paling merusak di Puerto Rico terjadi pada Oktober 1918. Kala itu, gempa berkekuatan magnitudo 7,3 di Puerto Rico memicu gelombang tsunami dan menewaskan 116 orang.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif