Presiden AS Donald Trump tanda tangan undang-undang pedemo pro-demokrasi Hong Kong. (Foto: AFP).
Presiden AS Donald Trump tanda tangan undang-undang pedemo pro-demokrasi Hong Kong. (Foto: AFP).

Trump Tanda Tangan Undang-undang Dukung Pedemo Hong Kong

Internasional amerika serikat donald trump Protes Hong Kong
Fajar Nugraha • 28 November 2019 08:31
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menandatangani undang-undang yang mendukung para demonstran pro-demokrasi di Hong Kong. Sikap Trump ini dikhawatirkan bisa membuat marah Tiongkok, di saat kedua negara tengah dirudung masalah perang dagang.
 
Trump tampaknya enggan menandatangani RUU itu tetapi dengan dukungan Kongres AS yang hampir bulat untuk langkah itu, ia memiliki sedikit ruang politik untuk bermanuver.
 
Dalam sebuah pernyataan, Trump berbicara tentang ‘rasa hormat’ terhadap Presiden Tiongkok Xi Jinping. “Saya berharap para pemimpin dan perwakilan Tiongkok dan Hong Kong akan dapat menyelesaikan perbedaan mereka secara damai,” ujar Trump, seperti dikutip AFP, Kamis, 28 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seminggu yang lalu, Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, mengutuk rancangan undang-undang (RUU) itu sebagai ‘campur tangan dalam urusan dalam negeri Tiongkok.’
 
Hanya pada hari Selasa, kementerian luar negeri mengatakan telah memanggil duta besar AS untuk Beijing untuk memperingatkan bahwa Amerika Serikat akan "menanggung semua konsekuensinya" jika RUU itu disahkan.
 
Undang-Undang Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Hong Kong, yang memenangkan dukungan bipartisan yang langka dan luar biasa di kedua majelis Kongres mendukung para pedemo Hong Kong.
 
Ini mengharuskan Presiden AS untuk setiap tahun meninjau status perdagangan dengan kota bisnis itu yang menguntungkan. AS bisa mengancam untuk mencabutnya jika kebebasan wilayah semi-otonom itu dibatalkan.
 
Kongres juga mengesahkan undang-undang yang melarang penjualan gas air mata, peluru karet, dan peralatan lainnya yang digunakan oleh pasukan keamanan Hong Kong untuk meredam protes, yang sekarang berada di bulan keenam mereka.
 
Senator Partai Republik Marco Rubio dan Jim Risch, bersama dengan senator Demokrat Ben Cardin Bob Menendez, mengeluarkan pernyataan bersama menyambut keputusan Trump.
 
"AS sekarang memiliki alat baru dan bermakna untuk mencegah pengaruh dan campur tangan lebih lanjut dari Beijing ke dalam urusan internal Hong Kong," kata Rubio.
 
"Menyusul pemilihan bersejarah akhir pekan lalu di Hong Kong yang mencakup jumlah pemilih, undang-undang baru ini tidak bisa lebih tepat waktu dalam menunjukkan dukungan AS yang kuat untuk kebebasan lama yang dihargai di Hong Kong,” pungkas Rubio.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif