Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: AFP)
Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Bersitegang dengan Iran, AS Tekankan Penggunaan Diplomasi

Internasional amerika serikat nuklir iran iran
Willy Haryono • 23 September 2019 06:48
Washington: Amerika Serikat berencana menyinggung masalah Iran di panggung Perserikatan Bangsa-Bangsa, dengan menjadikan diplomasi sebagai prioritas utama. AS dan Iran bersitegang usai terjadinya serangan pesawat tanpa awak atau drone di dua fasilitas minyak Arab Saudi.
 
Pemberontak Houthi asal Yaman mengklaim serangan, namun AS menuduh Iran sebagai pelaku utama.
 
Menjelang pidato Presiden AS Donald Trump di Majelis Umum PBB pada Selasa 24 September, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengesampingkan opsi kekuatan militer dalam menghadapi masalah Iran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Presiden Trump dan saya ingin menggunakan diplomasi pada setiap kesempatan," kata Pompeo dalam wawancara program This Week bersama media ABC, Mingggu 22 September 2019.
 
"Pemerintahan kami menanggapi isu ini dengan serius, dan kami bekerja keras agar masalah ini berakhir secara diplomatis," lanjut dia, disitat dari AFP.
 
"Perlu menjadi catatan bahwa jika kami gagal melakukannya, dan Iran terus berperilaku seperti sekarang, maka saya yakin Presiden Trump akan membuat keputusan yang diperlukan demi mencapai tujuan kami."
 
Serangan drone di dua fasilitas milik perusahaan Saudi Aramco di Abqaiq dan Khurais pada 14 September lalu telah memangkas separuh dari total produksi minyak harian. Pompeo menyebutnya sebagai "salah satu serangan terbesar terhadap pasokan energi dalam sejarah dunia."
 
Pompeo mengaku tidak melihat adanya indikasi drone tersebut datang dari arah Yaman, tempat beroperasinya Houthi.
 
Sejauh ini, Trump merespons serangan tersebut dengan meningkatkan sanksi terhadap Iran dan mengirim tambahan pasukan AS ke wilayah Teluk. Menteri Pertahanan AS Mark Esper menyebut pengiriman tambahan pasukan adalah permintaan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Tambahan pasukan itu akan fokus pada misi-misi pertahanan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif