Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Berkelahi karena Sepak Bola, 16 Napi Meksiko Tewas

Internasional meksiko
Arpan Rahman • 02 Januari 2020 15:06
Cieneguillas: Sebanyak Enam belas narapidana tewas dan lima lainnya luka-luka setelah perkelahian terjadi di penjara Meksiko pertandingan sepakbola.
 
Pertarungan pecah sekitar pukul 14.30 waktu setempat pada Selasa di Pusat Regional untuk Reintegrasi Sosial di kota Cieneguillas, kata pemerintah negara bagian itu.
 
Dikutip dari Sky News, Kamis 2 Januari 2020, perkelahian dipicu pertandingan sepak bola.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian keamanan publik negara bagian Cieneguillas tidak mengomentari penyebab kerusuhan tetapi mengatakan situasinya sekarang terkendali. Sebuah pernyataan mengindikasikan bahwa huru-hara itu berlangsung sekitar dua setengah jam.
 
Kementerian sedang bekerja untuk melepaskan nama-nama tahanan yang terbunuh. Dari para korban, 15 meninggal di penjara dan satu di rumah sakit. Setelah perkelahian, satu narapidana ditangkap dengan senjata api, sementara tiga senjata dan pisau ditemukan di penjara.
 
Ismael Camberos Hernandez, Menteri Keamanan Negara Zacatecas, mengatakan penjara telah digeledah pada Sabtu dan Minggu dan tidak ada senjata yang ditemukan.
 
Dia katakan beberapa korban tewas karena luka tembak, tetapi yang lain ditikam atau dipukuli. Tidak ada penjaga atau polisi yang terluka atau terbunuh.
 
Investigasi sudah dilakukan untuk mencari tahu siapa yang bertanggung jawab atas pertarungan dan bagaimana senjata masuk ke dalam penjara.
 
"Kami akan terus mempromosikan reorganisasi penjara untuk melawan kejahatan yang diorganisir dari sana,” ujar Menteri Keamanan Meksiko Alfonso Durazo, seperti dikutip Sky News, Kamis, 2 Januari 2020.
 
“Keamanan akan ditingkatkan di penjara di negara bagian Zacatecas,” tegasnya.
 
Pertarungan itu merupakan pukulan lain bagi Presiden Meksiko Lopez Obrador, yang mengambil alih kekuasaan pada Desember 2018 dan berjanji akan mengurangi rekor tingkat kekerasan.
 
Negara itu berada di jalur untuk melampaui total pembunuhan tahun sebelumnya pada 2019 menurut data terbaru. Pada 2017, 28 narapidana terbunuh ketika perkelahian pecah di sebuah penjara di Acapulco.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif