Presiden AS Donald Trump jamin akan membebaskan Venezuela dari Nicolas Maduro. Foto: AFP
Presiden AS Donald Trump jamin akan membebaskan Venezuela dari Nicolas Maduro. Foto: AFP

Trump Jamin Rakyat Venezuela akan Dibebaskan

Internasional as-venezuela donald trump
Medcom • 26 September 2019 20:13
New York: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa Venezuela menderita tragedi proporsi bersejarah. Dirinya pun berjanji untuk melakukan segala upaya untuk mengisolasi rezim Nicolas Maduro.
 

Trump mengatakan kepada sekitar puluhan pemimpin Amerika Latin di sela-sela Majelis Umum PBB bahwa sosialisme telah menghancurkan Venezuela yang kaya minyak. Namun, seluruh rakyat Venezuela itu akan bebas.
 
"Hari ini rakyat Venezuela kelaparan dan dalam kondisi sekarat karena kekurangan obat-obatan. Kami akan berdiri bersama rakyat Venezuela setiap hari. Sosialisme telah menghancurkan negara Amerika Selatan,” katanya, seperti dikutip Channel News Asia, Kamis, 26 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Venezuela dicengkeram oleh krisis ekonomi dan politik dengan Maduro dan presiden Juan Guaido yang mendeklarasikan sebagai pemimpin negara itu.
 
AS dengan lebih dari 50 negara lain, mengakui Guaido sebagai pemimpin Venezuela yang mengalami penurunan drastis dalam dukungan. Sementara Maduro dituduh menekan harga minyak yang rendah, salah manajemen dan terkena dampak sanksi AS.
 
Sebagian besar komunitas internasional tidak mengakui hasil jajak pendapat kontroversial yang menyerahkan Maduro pada periode kedua tahun lalu.
 
"Rekonstruksi Venezuela dapat dimulai saat transisi damai terjadi," katanya kepada rekan-rekannya, termasuk presiden Argentina, Chile dan Ekuador.
 
Venezuela menderita hiper-inflasi dan kekurangan barang-barang pokok dari makanan ke obat-obatan, krisis yang memaksa 3,6 juta orang mengungsi sejak 2016.
 

 

 

Penulis: Rifqi Akbar
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif