Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Foto: AFP.
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Foto: AFP.

Trump Ingin Bertemu Kim Jong-un Awal Tahun Depan

Internasional Amerika Serikat-Korea Utara
Marcheilla Ariesta • 08 November 2018 08:36
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berharap bisa bertemu kembali dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Dia menginginkan pertemuan terjadi awal tahun depan.
 
"Kami sangat senang jika pertemuan kembali terjadi dengan Korea Utara. Saya mengatakan ini, namun kami tidak terburu-buru untuk bernegosiasi," kata Trump dilansir dari laman Channel News Asia, Kamis, 8 November 2018.
 
Dalam konferensi pers usai pemilu sela, Trump mengatakan bersedia menyetujui tuntutan utama Korut, yaitu meringankan sanksi. Namun, imbuh dia, Pyongyang harus tanggap terhadap kami.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Korut meminta agar sanksi keras yang diberikan dapat segera berakhir dengan kesepakatan penghentian program nuklir. Meski demikian, administrasi Trump mengatakan sanksi harus tetap ada hingga denuklirisasi penuh tercapai.
 
Washington juga menolak pendekatan tambahan yang dianjurkan Korea Selatan (Korsel). Trump mengatakan dia maish menguji Korut meskipun diplomasi dibuka.
 
"Kami memiliki banyak kemajuan dalam empat atau lima bulan sejak pertemuan pertama di Singapura. Ini jauh lebih maju dari pada yang dilakukan mereka dalam 70 tahun terakhir," imbuhnya.
 
Trump sesumbar tak ada yang bisa melakukan seperti yang dilakukannya saat ini.
 
Pertemuan pertama Kim Jong-un dan Donald Trump terjadi Juni lalu di Singapura. Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin sepakat untuk melakukan denuklirisasi penuh di Semenanjung Korea.
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif