Hilang Satu Tahun, Kapal Selam Argentina Ditemukan
Anggota keluarga dari salah satu kru ARA San Juan memegang foto kapal selam tersebut pada 15 Mei 2018. (Foto: AFP/JUAN MABROMATA)
Buenos Aires: Kapal selam milik Angkatan Laut Argentina yang hilang satu tahun lalu dengan 44 kru akhirnya ditemukan. Menurut laporan kantor berita BBC, ARA San Juan ditemukan pada Jumat 16 November 2018, di kedalaman 2.620 kaki atau hampir 800 meter di Samudra Atlantik.

ARA San Juan dinyatakan hilang di lepas pantai Argentina pada 15 November 2017. Operasi pencarian dihentikan dua pekan usai kejadian, karena tim investigator tidak mengetahui lokasi terakhir kapal selam tersebut.

Baca: Kapal Selam Argentina dengan 44 Awak Hilang Kontak


Namun sebuah perusahaan asal Amerika Serikat berhasil mendeteksi dan mengidentifikasi kapal yang hilang tersebut di lepas pantai Semenanjung Valdes di Argentine Patagonia.

Sebelumnya Angkatan Laut Argentina merilis sebuah gambar yang memperlihatkan benda mirip ARA San Juan. AL Argentina kemudian mengonfirmasi "identifikasi positif" San Juan dengan menggunakan kapal selam milik American Ocean Infinity.

Sebelum dinyatakan hilang, San Juan sedang dalam perjalanan pulang dari sebuah misi di kota Ushuaia-a. Di tengah perjalanan, kru melaporkan adanya "kerusakan bagian kelistrikan."

Komandan AL Argentina Gabriel Galeazzi menyebut San Juan naik ke permukaan, dan para krunya menjelaskan telah terjadi kerusakan "arus pendek listrik" di bagian baterai.

Meski sudah diperintahkan untuk segera kembali ke Pangkalan Laut Mar del Plata, Argentina kehilangan kontak dengan para kru kapan selam. Komunikasi terakhir dengan para kru terjadi pukul 07.30 pagi pada 15 November.

Enriqe Balbi, juru bicara AL Argentina, mengatakan kepada awak media setahun lalu bahwa air memasuki San Juan melalui bagian snorkel kapal. Bagian tersebut berfungsi untuk menarik udara dari atas air saat kapal naik ke permukaan.

Air yang masuk itu kemudian menetes ke baterai di bagian dengan kapal, dan hubungan pendek arus listrik pun terjadi. San Juan kemudian dinyatakan hilang sebelum AL Argentina dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id