Ilustrasi narkoba. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi narkoba. (Foto: Medcom.id)

Meksiko Sita Kokain Rp28 Miliar Dekat Perbatasan AS

Internasional meksiko
Willy Haryono • 09 November 2019 11:20
Mexico City: Pasukan Bersenjata Meksiko menyita paket besar kokain senilai USD2 miliar atau setara Rp28 miliar di negara bagian Tamaulipas, tepatnya dekat perbatasan Amerika Serikat. Penemuan ini merupakan kali kedua dalam kurun waktu kurang dari empat pekan terakhir.
 
Paket kokain ini ditemukan dalam sebuah kendaraan yang sedang bergerak menuju kota di dekat perbatasan AS.
 
"Personel di pos pemeriksaan La coma memeriksa sebuah truk yang sedang bergerak menuju Reynos, Tamaulipas. Pemindaian memperlihatkan adanya anomali di bagian kargo," ujar pernyataan militer Meksiko dalam sebuah komunike di situs resminya, dilansir dari Sputnik, Sabtu 9 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian Pertahanan Meksiko mengatakan paket kokain tersebut, dengan bobot mencapai 153 kilogram, ditemukan di sebuah ruangan khusus yang sengaja dibuat untuk mengelabui petugas.
 
Oktober lalu, otoritas Meksiko menyita paket kokain sebesar 226 km dengan menggunakan teknologi pemindai sinar gamma.
 
Awal bulan ini, militer Meksiko mengklaim telah menghancurkan hampir 1,5 ton narkotika dan obat-obatan terlarang yang telah dikumpulkan dari operasi di 10 negara bagian.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, tingkat kriminalitas -- termasuk dalam bidang narkoba -- di Meksiko telah melonjak.
 
Peningkatan kriminalitas di Meksiko diasosiasikan dengan bertambahnya produksi narkoba dan juga persaingan antar kartel atas wilayah peredaran.
 
Tahun lalu menurut data pemerintah, jumlah kasus kematian akibat pembunuhan di Meksiko mencapai angka tertinggi, yakni lebih dari 33 ribu.
 
Sejak 2006, presiden Meksiko kala itu Felipe Calderon telah memerintahkan militer untuk memberantas kartel narkoba yang dituding bertanggung jawab atas lebih dari 200 ribu pembunuhan di seantero negeri.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif