Aktor Leonardo DiCaprio. (Foto: AFP)
Aktor Leonardo DiCaprio. (Foto: AFP)

Leonardo DiCaprio Respons Presiden Brasil Soal Amazon

Internasional hutan amazon
Arpan Rahman • 01 Desember 2019 16:06
Los Angeles: Leonardo DiCaprio merespons tudingan Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang menyalahkan sang aktor atas kebakaran hutan Amazon.
 
Bolsonaro menuding DiCaprio telah mendanai sejumlah organisasi nirlaba yang berbuat kerusakan di Amazon dan juga memicu kebakaran di area hutan hujan tersebut.
 
Membantah tudingan, DiCaprio menegaskan dirinya sepenuh jiwa tetap mendukung masyarakat Brasil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat krisis melanda (hutan) Amazon saat ini, saya mendukung masyarakat Brasil yang berusaha keras menyelamatkan warisan alam dan budaya mereka," kata DiCaprio, dikutip dari Metro.co.uk, Sabtu 30 November 2019.
 
"Masyarakat Brasil adalah contoh luar biasa dari komitmen yang dibutuhkan untuk menyelamatkan lingkungan."
 
"Masa depan ekosistem tak tergantikan ini sedang dipertaruhkan, dan saya bangga dapat mendukung sejumlah grup yang melindunginya. Meski mendukung, saya tidak mendanai organisasi-organisasi tersebut."
 
"Saya tetap berkomitmen untuk mendukung masyarakat adat Brasil, pemerintah lokal, ilmuwan, pendidik dan masyarakat umum yang bekerja keras mengamankan Amazon."
 
Dalam tudingannya, Bolsonaro menyebut DiCaprio sebagai pria 'keren' yang memberikan uang untuk membakar hutan Amazon. Satu hari sebelum itu, Bolsonaro bahwa menuduh aktor 45 tahun itu sebagai bagian dari "kampanye menentang Brasil."
 
"Leonardo DiCaprio, Anda telah terlibat dalam pembakaran Amazon," tuduh Bolsonaro dalam sebuah tayangan di Facebook.
 
Anak Bolsonaro, Eduardo, juga mengklaim bahwa DiCaprio telah mendonasikan USD300 ribu atau setara Rp2,4 miliar "untuk organisasi nirlaba yang membakar Amazon."
 
Bolsonaro dan juga Eduardo sama-sama tidak menghadirkan bukti atas tuduhan mereka. Organisasi yang disinggung keduanya disebut-sebut sebagai World Wildlife Fund (WWF).
 
WWF membantah telah menerima sumbangan dana apapun dari DiCaprio.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif