Bentrokan yang terjadi di Bolivia masi terus terjadi. Foto: AFP
Bentrokan yang terjadi di Bolivia masi terus terjadi. Foto: AFP

Bentrokan Baru Kembali Pecah di Bolivia

Internasional bolivia
Medcom • 14 November 2019 11:27
La Paz: Bentrokan kembali pecah di Bolivia ketika pendukung mantan Presiden Evo Morales menentang pemerintahan pemimpin sementara yang baru.
 
Senator oposisi Jeanine Anez menjadi presiden di tengah kekosongan kekuasaan. Anez berjanji untuk segera mengadakan pemilihan.
 
Pendukung Morales bentrok dengan polisi antihuru-hara, sementara anggota parlemen yang setia kepadanya berusaha menentang legitimasi penunjukan Anez.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari BBC, Kamis 14 November 2019, Morales mengundurkan diri pada hari Minggu dan memilih melarikan diri ke Meksiko.
 
Pengunduran dirinya menyusul protes selama berminggu-minggu atas hasil pemilihan presiden yang disengketakan. Dia mengatakan dia dipaksa mundur namun dia harus melakukannya dengan sukarela agar tidak terjadi perpecahan.
 
Penunjukan Anez sebagai pemimpin sementara telah disahkan oleh Mahkamah Konstitusi Bolivia. Pendukung Morales berbaris menuju istana presiden untuk memprotes penunjukan Anez. Sementara itu, polisi anti huru hara menembakkan gas air mata selama bentrokan berlangsung.
 
“Beberapa demonstran menggunakan papan kayu dan lembaran logam sebagai senjata. Mereka juga menyanyikan ‘Sekarang, perang saudara’,” menurut laporan Associated Press, Kamis, 14 November 2019.
 
Protes juga dilaporkan di El Alto dan daerah penanaman koka di El Chapare. Demonstrasi terbaru datang ketika anggota parlemen yang setia kepada Morales berusaha menantang legitimasi Anez. Mereka memboikot sesi kongres yang diadakan untuk meresmikan klaimnya kepada presiden, mencegah kuorum.
 
Polisi dilaporkan memblokir beberapa anggota parlemen yang bersekutu dengan Morales untuk memasuki majelis parlemen Bolivia pada Rabu.
 

 

 
Penulis: Fitri Nur Rizkyani
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif