NEWSTICKER
Presiden Venezuela Nicolas Maduro. (Foto: AFP)
Presiden Venezuela Nicolas Maduro. (Foto: AFP)

Bersitegang dengan AS, Venezuela Gelar Latihan Militer

Internasional venezuela as-venezuela
Willy Haryono • 16 Februari 2020 16:05
Caracas: Militer dan milisi warga sipil Venezuela bersama-sama menggelar latihan bertempur yang diperintahkan Presiden Nicolas Maduro. Latihan diserukan di tengah berlangsungnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Venezuela.
 
Sejauh ini tidak ada indikasi bahwa AS akan melakukan intervensi militer ke Venezuela. Washington selama ini hanya fokus menerapkan tekanan politik dan diplomatik untuk menggulingkan Maduro.
 
Salah satu tekanan disampaikan lewat dukungan AS terhadap tokoh oposisi Venezuela, Juan Guaido. AS telah mengakui Guaido sebagai presiden interim pengganti Maduro sejak awal 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengantisipasi intervensi lanjutan dari AS, Maduro menyerukan latihan bertempur. Warga sipil pro-Maduro di Caracas juga ikut serta dan dengan senang hati mengikuti arahan sang presiden.
 
"Saya menjawab panggilan (Maduro) untuk membela negara dan Tanah Air dari ancaman kekaisaran AS," ucap seorang milisi bernama Pablo Antonio Reyes, dilansir dari Time, Sabtu 15 Februari 2020.
 
Selain di Caracas, latihan gabungan juga digelar di beberapa kota lain. Hampir semua peserta menggunakan pakaian serba merah sebagai bentuk dukungan terhadap Maduro.
 
"Tujuan dari latihan ini adalah agar kita semua siap sedia," tutur seorang milisi lainnya, Carmen Ferrer.
 
Maduro mengatakan latihan selama dua hari ini bertujuan untuk menghalau "agresi teroris" AS dan para sekutunya di kawasan, termasuk Kolombia.
 
Sementara Guaido, yang sejak tahun lalu berusaha menggulingkan Maduro, meminta angkatan bersenjata Venezuela untuk mengabaikan seruan presiden. Ia meminta seluruh personel militer untuk membantunya membangun Venezuela baru.
 
Seruan Guaido disampaikan satu hari usai Maduro mengancam akan segera memenjarakan tokoh oposisi.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif