Luluh Lantak Akibat Kebakaran Hutan California
Warga melihat rumah mereka yang hancur akibat kebakaran hutan di California, Amerika Serikat (AS). (Foto: AFP).
California: ‘Camp Fire’ masih terus menimbulkan kerusakan hebat dalam kebakaran terburuk di California, Amerika Serikat (AS). Hingga kini 77 orang dilaporkan tewas dan 1.200 lainnya hilang.

Sepanjang Minggu 18 November 2018, pihak berwenang berhasil menemukan jasad di wilayah yang terbakar. Sheriff wilayah Butte County memastikan kebakaran sejak 8 November itu menyisakan kerusakan besar.

“Tercatat, api telah menghancurkan lebih dari 13 ribu bangunan terrasuk 10.364 rumah, 418 wilayah komersil dan 2.992 bangunan lain. Hingga kini regu penyelamat, sudah menyisir 607 kilometer per segi lahan dengan 65 persen api berhasil dipadamkan,” ujar Departemen perlindungan Kehutanan dan Api California (Cal Fire), seperti dikutip AFP, Senin, 19 November 2018.


“Petugas pemadam membuat perkembangan bagus selama hari Minggu untuk memperkuat dan meningkatkan garis penanggulangan api,” imbuh penyataan Cal Fire.

Cal Fire menambahkan, petugas terus bekerja untuk wilayah yang curam dan sulit untuk mengimplementasikan garis penanggulangan. Diharapkan langkah ini bisa menghentikan laju kebakaran.

Namun dengan hujan diperkirakan turun pekan ini, pejabat setempat memperingatkan warga mengenai risiko banjir bandang di sekitar lokasi kebakaran. ‘Camp Fire’ adalah kebakaran lahan paling mematikan sekaligus menimbulkan kerusakan terbesar dalam sejarah California. Ini juga kebakaran mematikan dalam waktu 100 tahun di Amerika Serikat.

Salah urus

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Sabtu 17 November mengunjungi lokasi kebakaran dan bertemu dengan warga. Trump mengutarakan kesedihannya dan menilai kejadian ini merupakan imbas salah urus sistem kehutanan.

“Ini sangat menyedihkan,” ujar Trump usai melihat sisa-sisa wilayah Paradise.

Di Chico, dekat Paradise, Trump bertemu dengan petugas pemadam dan relawan lainnya. Para pejabat petugas pemadam menjelaskan kondisi dimana api cepat sekali menyebar.

Trump mengulang kembali ucapan kontroversi mengenai kesalahan pengurusan sistem kehutanan di California. “Saya berkomitmen untuk memastikan bahwa kita bisa mengatasi hal ini dan memelihara hutan. Itu sangatlah penting,” tegas Trump.

Beberapa  hari lalu, Trump mengancam untuk memotong pendanaan federal untuk California karena dugaan kesalahan manajemen sistem kehutanan.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id