Presiden Chile Sebastian Pinera. (Foto: AFP)
Presiden Chile Sebastian Pinera. (Foto: AFP)

Redam Protes, Presiden Chile Umumkan Kebijakan Sosial

Internasional chile politik chile
Sonya Michaella • 23 Oktober 2019 11:26
Santiago: Presiden Chile Sebastian Pinera mengumumkan paket langkah-langkah sosial untuk membendung protes rakyat terkait kenaikan tarif kereta bawah tanah.
 
"Pemerintahan saya, dengan rendah hati, menerima protes dari rakyat. Saya meminta maaf karena gagal mengantisipasi pecahnya kerusuhan di negara ini," kata Pinera, dikutip dari AFP, Rabu 23 Oktober 2019.
 
Paket langkah sosial tersebut berisi rencana peningkatan dana pensiun sebesar 20 persen, pembatalan kenaikan tagihan listrik sebesar 9,2 persen dan mengusulkan undang-undang untuk mengatasi biaya medis yang cukup mahal di negara itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya juga akan meningkatkan upah minimum menjadi 350 ribu Peso per bulan. Pemerintah segera memperkenalkan asuransi kesehatan untuk pengobatan," ungkap Pinera.
 
Usai kerusuhan pecah di Santiago, Pinera sempat menunda kenaikan tarif kereta bawah tanah. Namun, penundaan tersebut tak sempat membendung protes warga yang akhirnya menewaskan 15 orang.
 
Kemarin, militer akhirnya mengumumkan jam malam yang berlaku selama status darurat diaktifkan yaitu pukul 20.00 malam hingga 05.00 pagi keesokan harinya.
 
Sementara itu, dilaporkan lebih dari 200 orang telah dibawa ke rumah sakit dan hampir separuhnya terkena tembakan.
 
Sejak kerusuhan dimulai, lebih dari 2.600 orang juga sudah ditahan akibat merusak 136 stasiun metro di ibu kota. Sekitar 50 sekolah dan 10 universitas juga ditutup sementara.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif