Sebuah rumah terbakar dalam musibah kebakaran hutan dekat Geyserville, California, AS, Kamis 24 Oktober 2019. (Foto: Josh Edelson/AFP via Getty Images)
Sebuah rumah terbakar dalam musibah kebakaran hutan dekat Geyserville, California, AS, Kamis 24 Oktober 2019. (Foto: Josh Edelson/AFP via Getty Images)

Kebakaran Hutan California, 2.000 Orang Dievakuasi

Internasional kebakaran hutan
Willy Haryono • 25 Oktober 2019 10:08
California: Sekitar 2.000 orang telah dievakuasi dari rumah mereka di California, seiring semakin membesarnya kebakaran hutan di salah satu negara bagian Amerika Serikat tersebut.
 
Dinas Pemadam Kebakaran California (CalFire) mengatakan api yang dinamakan Kincade Fire telah melalap lebih dari 4 ribu hektare lahan di Sonoma County dan hingga saat ini belum dapat dikendalikan.
 
Kincade Fire terus membesar akibat tiupan angin kencang dan secara perlahan merembet ke arah selatan. Pusat api ini berada sekitar 120 kilometer dari San Francisco.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tiupan angin kencang hingga 112 kilometer per jam melanda sebagian besar California. Angin diprediksi menurun intensitasnya hari ini, Jumat 25 Oktober 2019, namun akan kembali menguat di akhir pekan.
 
Lebih dari 900 warga kota Geyserville, Sonoma County, telah diperintahkan untuk mengungsi. Banyak dari mereka mengaku tidak sempat membawa barang-barang berharga saat dievakuasi.
 
Dwight Monson, 68, mengatakan kepada Los Angeles Times bahwa saat ia dan keluarganya naik mobil untuk mengungsi, api sudah berada di ujung rumah mereka. Peringatan evakuasi juga telah dikeluarkan untuk kota Healdsburg.
 
"Api ini bergerak sangat cepat. Tolong patuhi perintah evakuasi," kata senator California, Mike McGuire, di Twitter.
 
"CalFire terus memobilisasi sumber daya di seantero NorCal untuk melawan #KincadeFire. Alat-alat berat dan petugas terus berdatangan," lanjutnya, dikutip dari BBC.
 
Hampir 180 ribu rumah di California kehilangan aliran listrik usai perusahaan Pacific Gas & Electric memadamkan layanan mereka di 15 titik di negara bagian tersebut. Pemadaman dilakukan untuk mencegah terjadinya hubungan pendek arus listrik yang dapat memicu kebakaran.
 
Sekitar 308 ribu rumah di tujuh wilayah, termasuk Los Angeles, San Bernardino dan Ventura, juga dipertimbangkan untuk dipadamkan listriknya.
 
CalFire menduga Kincade Fire berawal dari titik api di dekat Kincade Road dan Burned Mountain Road. Penyebab terjadinya kebakaran tersebut belum diketahui.
 
Sebelumnya pada bulan ini, kebakaran hutan telah melalap 1.900 hektare lahan di utara Los Angeles, dan juga telah memaksa ribuan orang dievakuasi.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif