Ilustrasi narapidana di penjara. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi narapidana di penjara. (Foto: Medcom.id)

Penembakan di Penjara Guatemala Tewaskan Tujuh Narapidana

Internasional guatemala
Willy Haryono • 08 Mei 2019 08:37
Guatemala City: Sedikitnya tujuh narapidana tewas dalam penembakan di sebuah penjara di dekat Guatemala City, ibu kota dari Guatemala, Selasa 7 Mei. Sekitar 1.500 polisi dan tentara dikerahkan ke penjara tersebut untuk menghentikan aksi kekerasan.
 
Dikutip dari laman BBC, sekitar 20 orang terluka dalam penembakan di penjara bernama Pavon tersebut. Otoritas setempat mengatakan insiden penembakan dipicu perkelahian antar dua narapidana, dimana salah satu dari mereka "diduga dalam kondisi mabuk" minuman keras.
 
Penjara Pavon menampung sedikitnya 4.000 narapidana, meski kapasitasnya hanya diperuntukkan 1.000 orang saat dibangun di era 1970-an.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam insiden pertengkaran dan penembakan di Pavon, para narapidana sempat menguasai penjara selama lebih kurang delapan jam. "Pasukan keamanan telah masuk ke penjara dan memulihkan situasi," ujar Carlos Morales, juru bicara untuk sistem penjara di Guatemala.
 
Dia juga mengatakan kepada media lokal bahwa penembakan dipicu "konfrontasi antara seorang narapidana yang diduga mabuk dengan narapidana lainnya." Ia tidak menyebutkan dari mana narapidana bisa mendapatkan senjata api.
 
Pada 2016, 14 orang tewas dalam kerusuhan yang terjadi di penjara Pavon. Satu tahun setelahnya, geng narapidana membunuh dua sipil dan menahan empat lainnya dalam kerusuhan di sebuah pusat detensi remaja di Guatemala.
 
Kerusuhan pecah pada Minggu 19 Maret 2017 di pusat detensi remaja Stage II di San Jose Pinula.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif