Joaquin Guzman atau El Chapo (Foto: AFP)
Joaquin Guzman atau El Chapo (Foto: AFP)

Gembong Narkoba El Chapo Diekstradisi ke AS

Internasional meksiko gembong narkoba
Sonya Michaella • 20 Januari 2017 15:09
medcom.id, Brooklyn: Gembong narkoba Joaquin Guzman atau lebih dikenal dengan nama El Chapo, diekstradisi dari Meksiko ke Amerika Serikat.
 
"Meksiko hari ini menyerahkan Guzman ke pihak otoritas AS,"tulis pernyataan resmi dari Kementerian Luar Negeri Meksiko, seperti dikutip Reuters, Jumat (20/1/2017).
 
El Chapo tiba sekitar pukul 21.30 malam waktu AS di Long Island Airport, Islip, New York, sekitar 50 mil dari Manhattan, di mana ia dikawal dengan puluhan aparat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rencananya, El Chapo akan menghadapi sidang pertamanya pada Jumat 20 Januari waktu setempat di Brooklyn.
 
El Chapo adalah bandar narkoba yang paling diburu di dunia. Ketua geng narkoba Sinaloa ini sempat berhasil kabur dari penjara paling ketat di Meksiko dan berhasil ditangkap kembali, Januari 2016 lalu.
 
Ia bersama sejumlah pemimpin geng narkoba lainnya didakwa pada 2009 lalu di Pengadilan Brooklyn, New York atas tuduhan bekerja sama mengimpor lebih dari 119 ribu kilogram kokain ke AS dalam rentang waktu 1990 hingga 2005.
 
Kementerian Keamanan Dalam Negeri AS melaporkan, penyelundupan heroin, ganja, kokain, dan methamphetamine dari Meksiko bernilai sekitar USD19-20 miliar setiap tahunnya. Kartel Sinaloa merupakan pemain utama dalam penyelundupan ini.
 
Namun, disinyalir El Chapo masih mengatur penyelundupan narkoba ke AS, meski sedang ditahan. "Ketika saya tidak ada, semuanya tidak akan berkurang sama sekali," ucap El Chapo kala itu.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif