Presiden Amerika Serikat Donald Trump bersama Ibu Negara, Melania, menghadiri perayaan Hari Kemerdekaan AS. (Foto: AFP).
Presiden Amerika Serikat Donald Trump bersama Ibu Negara, Melania, menghadiri perayaan Hari Kemerdekaan AS. (Foto: AFP).

Trump Pimpin Kemeriahan Perayaan Kemerdekaan AS

Internasional amerika serikat donald trump
Fajar Nugraha • 05 Juli 2019 07:10
Washington: Presiden Donald Trump memuji para anggota militer Amerika Serikat (AS), saat memberikan pidato Hari Kemerdekaan di Washington, 4 Juli waktu setempat.
 
"Kami merayakan sejarah kami, rakyat kami, dan para pahlawan yang dengan bangga mempertahankan bendera kami," katanya kepada orang banyak di Lincoln Memorial, Kamis 4 Juli atau Jumat 5 Juli 2019 waktu Indonesia, seperti dikutip BBC.
 
Perayaan tahun ini terasa berbeda dengan hadirnya kendaraan lapis baja dan tank yang akan mengikuti parade. Selain itu hadir pula bagian dari latar belakang bertuliskan ‘Salute to America’ atau ‘Hormat kepada Amerika’.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Trump Pimpin Kemeriahan Perayaan Kemerdekaan AS
Warga AS yang berkumpul merayakan hari kemerdekaan. (Foto: AFP).
 
Namun tidak semua pihak menyetujui perayaan megah ini. Lawan politik menuduh Trump mempolitisasi liburan menjelang kampanye pemilihan ulang dan membuang-buang uang pembayar pajak.
 
Pentagon belum mengungkapkan biaya extravaganza, yang diyakini banyak orang terinspirasi oleh kunjungan Trump ke parade Hari Bastille yang dipandu oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron.
 
Beberapa laporan mengatakan, Layanan Taman Nasional mengalihkan hampir USD2,5 juta atau setara Rp35,3 miliar untuk biaya perayaan ini.
 
Kemeriahan
 
Selain tank, perayaan 4 Juli yang diinginkan Trump menampilkan terbang lintas jet militer dan pertunjukan pesta kembang api yang berdurasi panjang.
 
Ketika kendaraan lapis baja diangkut dari rel di tenggara Washington DC pada Selasa malam, para pejabat militer menyarankan penduduk untuk tidak panik.
 
Dua tank Abrams seberat 70 ton harus tetap berada di jalan samping karena terlalu berat untuk area peringatan di sekitarnya.
 
Dalam tweet di pagi hari, Trump mengatakan parade itu "berubah menjadi salah satu perayaan terbesar dalam sejarah Negara kita".
 
Dia akan terus mengawasi jumlah pemilih, mengingat argumen tentang klaim kehadiran upacara pelantikan kembali pada tahun 2017. Acara ini terbuka untuk umum gratis, terlepas dari area tiket untuk VIP di depan peringatan.
 
Trump Pimpin Kemeriahan Perayaan Kemerdekaan AS
Tank yang turut serta meriahkan perayaan kemerdekaan AS. (Foto: AFP)
 

Sejumlah besar pendukung Trump yang mengenakan topi Make American Great Again, langsung memenuhi ibu kota.
 
Pendukung Trump, Brandon Lawrence mengatakan: "Saya pikir apa yang dilakukan Trump dengan tank-tank itu, semua flyover, saya pikir itu hebat."
 
Lain halnya yang diutarakan oleh seorang pengkritik. "Ini menghabiskan biaya jutaan dan jutaan dolar. Kami para pembayar pajak membayar untuk itu, bagi Donald Trump untuk menggunakan militer kami sebagai penyangga,” ujar Medea Benjamin.
 
Daftar putar musik juga beragam dalam perayaan ini. Deretannya mencakup tema film ‘Star Wars’ dan Hail to the Chief.
 
Acara ini sebagian besar dihibur dengan baik, meskipun ada bentrokan di luar Gedung Putih sebelumnya pada Kamis setelah protes pembakaran bendera.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif