Gubernur Texas Beri Pengampunan pada Terdakwa Hukuman Mati
Gubernur Texas beri pengampunan pada terdakwa hukuman mati. (Foto: Medcom.id).
Texas: Gubernur Texas Greg Abbott mengeluarkan surat penangguhan hukuman mati di menit terakhir untuk seorang terdakwa, yang mempekerjakan seorang pria bersenjata untuk membunuh keluarganya.

Penangguhan hukuman mati tersebut terjadi usai ayah dari pembunuh itu, yang juga hampir tewas dalam pembunuhan tersebut, memohon agar anaknya tidak dihukum mati.

Thomas Bartlett 'Bart' Whitaker, 38, merupakan satu dari tiga pria yang menunggu eksekusi pada Kamis 23 Februari di tiga negara bagian Amerika Serikat (AS) yang berbeda. Penangguhan hukuman mati Bart terjadi di menit terakhir sebelum dieksekusi.


"Orang yang memegang senjata tidak dihukum mati, namun Whitaker tidak memegang senjata, tidak menembakkannya, dia malah mendapat hukuman mati. Itu yang jadi pertimbangan saya untuk menangguhkan hukumannya,"ujar Abbott, seperti dilansir dari laman AFP, Jumat 23 Februari 2018.

Dia menambahkan, alasan ayah Whitaker juga menjadi salah satu pertimbangannya.

"Ayah Whitaker, yang selamat dari usaha pembunuhan tersebut, dengan semangat menentang eksekusi anaknya. Bapak itu menegaskan bahwa dia akan menjadi korban lagi jika negara membunuh keturunannya yang terakhir," imbuh dia.

Dengan penangguhan hukuman mati tersebut, bukan berarti Whitaker bebas dari jeratan hukum. Sebagai gantinya, dia akan dihukum seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat.

Dewan Pengampunan Texas juga memberikan suara bulat untuk penangguhan tersebut.

Whitaker dihukum karena membayar pembunuh untuk menghabisi keluarganya, yang terdiri dari ayah, ibu dan saudara laki-lakinya. Insiden ini terjadi pada 2003 silam.

Pria bersenjata itu juga disuruh untuk menembak lengannya untuk memberikan cerita bahwa keluarganya dibantai. Menurut polisi, Whitaker melakukan hal tersebut lantaran membenci keluarganya dan berharap mewarisi sekitar USD1 juta uang warisan keluarganya.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360