Para peserta Workshop Dispatch of Expert on Small Medium Enterprises for Suriname. (Foto: Dok. KBRI Suriname).
Para peserta Workshop Dispatch of Expert on Small Medium Enterprises for Suriname. (Foto: Dok. KBRI Suriname).

Indonesia Bantu Tingkatkan Kapasitas UKM Suriname

Internasional indonesia-suriname
Sonya Michaella • 17 September 2019 21:28
Paramaribo: Indonesia berkomitmen untuk membantu meningkatkan kapasitas sektor UKM Suriname. Bantuan ini penting untuk kapasitas sumber daya manusia dan pertumbuhan ekonomi negara tersebut.
 
Komitmen ini diutarakan Indonesia dalam Workshop Dispatch of Expert on Small Medium Enterprises for Suriname yang diikuti oleh 30 peserta asal Suriname, terdiri dari para pemilik usaha startup, tenaga pendidik dan konsultan UKM.
 
Workshop ditujukan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam merencanakan dan mengembangkan model dan rencana operasional usaha serta meningkatkan kapasitas SDM di wilayahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya berkelanjutan Indonesia dalam mengisi hubungan bilateral Indonesia dan Suriname, khususnya dalam bidang capacity building,” Duta Besar RI untuk Suriname Julang Pujianto dalam keterangan tertulis kepada Medcom.id, Selasa 17 September 2019.
 
Kerja sama pemberdayaan UKM juga sejalan dengan prioritas Indonesia sebagai anggota Dewan Keamanan PBB untuk mensinergikan penciptaan perdamaian dengan pembangunan berkelanjutan dan upaya sustaining peace melalui pengembangan ekonomi rakyat.
 
Workshop peningkatan kapasitas UKM di Suriname ini merupakan salah satu bentuk komitmen Indonesia untuk terus berkontribusi aktif dalam bantuan pengembangan kapasitas dalam kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan melalui pengiriman tenaga ahli (expert dispatch) di bidang UKM.
 
Dalam periode 1998-2018, Indonesia telah menyelenggarakan 671 program peningkatan kapasitas yang diikuti sekitar 8.726 peserta dari berbagai negara berkembang. Sementara dalam periode 2014-2018, Indonesia telah menyelenggarakan lebih dari 270 program peningkatan kapasitas dengan 4.457 peserta.
 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif