Gembong narkoba terkenal Joaquin 'El Chapo' Guzman telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Foto: AFP
Gembong narkoba terkenal Joaquin 'El Chapo' Guzman telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Foto: AFP

Gembong Narkoba Meksiko Divonis Penjara Seumur Hidup

Internasional narkoba Joaquin El Chapo Guzman
Arpan Rahman • 18 Juli 2019 18:07
Brooklyn: Gembong narkoba terkenal Joaquin 'El Chapo' Guzman telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup ditambah 30 tahun di balik jeruji besi.
 
Guzman, 62, juga diperintahkan oleh hakim federal untuk membayar USD12,6 miliar dalam penyitaan selama sidang hukumannya di Brooklyn, New York, pada Rabu.
 
Sebelum dia dijatuhi hukuman, Guzman berbicara selama 15 menit, menggambarkan pemerintah Amerika Serikat sebagai 'korup.' Dia juga mengklaim bahwa dirinya mengalami 'penyiksaan psikologis, emosional, dan mental' di sayap 10-Selatan Metropolitan Correctional Center, yang mengerangkeng tahanan selama 23 jam sehari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbicara dalam bahasa Spanyol, dia katakan: "Untuk tidur, saya menggunakan sumbat yang terbuat dari kertas toilet di telinga saya. Tempatnya sudah kurang menghormati martabat manusia."
 
"Ketika saya diekstradisi ke AS, saya berharap menerima persidangan yang adil dan di mana ketenaran saya tidak akan menjadi faktor penentu dalam administrasi peradilan," belanya, disitir dari Metro.co.uk, Rabu 17 Juli 2019.
 
Berbicara kepada hakim, Guzman berkata: "Amerika Serikat tidak lebih baik dari negara korup lainnya yang tidak Anda hormati."
 
Guzman, bos kawakan kartel narkoba Sinaloa di Meksiko, diperkirakan dikirim ke Lembaga Pemasyarakatan Amerika Serikat Florence, sebuah penjara SuperMax di Colorado. Ia sempat melarikan diri dari penjara dua kali -- pertama, lewat gerobak cucian, kemudian melalui terowongan 14 tahun kemudian.
 
Pengacara AS Richard Donaghue mengatakan: "Ini adalah hukuman di mana dia tidak dapat melarikan diri dan kembali. Putusan ini adalah kemenangan bagi rakyat Amerika yang telah menderita begitu lama sementara Guzman meraup miliaran (dolar) menuangkan racun ke perbatasan selatan kita."
 
Penjara Colorado, yang dikenal sebagai 'Alcatraz of the Rockies', secara luas dianggap sebagai penjara paling aman di negeri Paman Sam. Tidak ada yang lolos sejak dibuka pada 1994, menurut para sipir penjara.
 
Martin Horn, profesor di John Jay College of Criminal Justice, berkata: "Ini dirancang dengan sangat baik demi tujuannya, untuk menahan pelanggar paling berbahaya dalam sistem penjara federal."
 
"Dalam dua pelarian sebelumnya, Guzman telah menunjukkan bahwa ia mungkin memiliki risiko lebih besar untuk melarikan diri daripada orang lain. Itu membuat ADX Florence tempat yang tepat untuk dia," pungkasnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif