Pihak keamanan di pangkalan udara militer Pensacola, Florida, Amerika Serikat (AS). Foto: CNN
Pihak keamanan di pangkalan udara militer Pensacola, Florida, Amerika Serikat (AS). Foto: CNN

Prajurit Arab Saudi Lepas Tembakan di Pangkalan AS, 3 Tewas

Internasional penembakan as
Fajar Nugraha • 07 Desember 2019 08:54
Florida: Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke Pangkalan Udara Militer Amerika Serikat (AS) Pensacola, Florida. Pelaku diketahui sebagai anggota militer Arab Saudi yang melakukan pelatihan.
 
“Pelaku adalah anggota militer Arab Saudi yang tengah melakukan pelatihan penerbangan di pangkalan itu,” ujar Menteri Pertahanan AS, Mark Esper, seperti dikutip CNN, Sabtu, 7 Desember 2019.
 
Sementara pihak berwenang mengatakan, tiga orang tewas dalam penembakan itu dan setidaknya delapan lainnya terluka dan dibawa ke rumah sakit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dua sumber penegak hukum mengatakan bahwa penembak, yang terbunuh, telah diidentifikasi sebagai warga negara Arab Saudi, Mohammed Alshamrani,” sebut CNN.
 
Penyelidik sedang menyelidiki apakah penembakan itu terkait teror sebagai kemungkinan motif. Tetapi hal ini masih dalam penyelidikan awal.
 
Presiden Donald Trump telah berbicara dengan Raja Arab Saudi Salman Abdulaziz Al-Saud tentang penembakan itu.
 
"Raja mengatakan bahwa orang-orang Arab Saudi sangat marah dengan tindakan biadab penembak, dan bahwa orang ini sama sekali tidak mewakili perasaan orang-orang Saudi yang mencintai orang-orang Amerika," kata Presiden Trump, dalam Twitter.
 
Menurut kantor berita SPA, Raja Salman menyatakan, kesedihan yang mendalam. Kepada Trump, Raja mengatakan bahwa ia memerintahkan layanan Arab Saudi untuk bekerja sama dengan penyelidikan.
 
Pada konferensi pers, Gubernur Ron DeSantis menyebutkan hubungan dengan Angkatan Udara Arab Saudi dan mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan Trump tentang hal itu. "Jelas akan ada banyak pertanyaan tentang individu warga negara asing, menjadi bagian dari Angkatan Udara Saudi dan kemudian berada di sini berlatih di tanah kami," katanya.
 
"Jelas Pemerintah Arab Saudi perlu memperbaiki keadaan bagi para korban ini,” imbuh DeSantis.
 
Pelajar asing dari negara-negara mitra telah berlatih di pangkalan itu untuk mempelajari penerbangan laut selama bertahun-tahun.
 
"Selalu ada pelatihan siswa internasional di sini karena ini adalah tempat yang baik untuk berlatih, ini adalah pelatihan yang berkualitas baik," ucap Komandan Pangkalan Pensacola, Kapten Tim Kinsella.
 
Dia memperkirakan bahwa ada beberapa ratus siswa asing di pangkalan itu.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif