Presiden baru Peru Martin Vizcarra di Lima, 23 Maret 2018. (Foto: AFP/LUKA GONZALES)
Presiden baru Peru Martin Vizcarra di Lima, 23 Maret 2018. (Foto: AFP/LUKA GONZALES)

Presiden Baru Peru Dilantik setelah Drama Pemakzulan

Internasional politik peru
Arpan Rahman • 24 Maret 2018 18:12
Lima: Martin Vizcarra dilantik sebagai presiden baru Peru, Jumat 23 Maret 2018. Dia menduduki posisi itu ketika Pedro Pablo Kuczynski mengundurkan diri demi menghindari pemakzulan.
 
Vizcarra, yang semula menjabat wakil presiden dan duta besar negaranya untuk Kanada, mengambil sumpah jabatan dan mengenakan selempang presiden berwarna merah putih di hadapan Kongres Peru.
 
Upacara diadakan tak lama usai anggota parlemen memilih menerima pengunduran diri Kuczynski ketimbang memakzulkannya atas tuduhan korupsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan berdiri teguh dalam perang melawan korupsi. Transparansi akan menjadi pilar pemerintahan kami," kata Vizcarra, seperti dikutip AFP, Sabtu 24 Maret 2018. Mantan menteri kabinet itu dikenal karena manajemennya yang teliti dan gaya yang tidak flamboyan.
 
"Waktu yang lebih baik akan datang," katanya kepada sesama warga Peru dalam pidato perdana sebagai presiden.
 
Sehari sebelumnya, insinyur dan teknokrat itu jauh dari sorotan politik yang meruntuhkan Kuczynski. Dia menikmati kehidupan diplomat yang relatif tenang di Ottawa.
 
Vizcarra pulang ke Peru pada Kamis malam, di hari ulang tahunnya yang ke-55. Ia kini mengambil alih sisa masa jabatan Kuczynski hingga 2021.
 
Kuczynski, 79, menyandang masa jabatan singkat sebagai presiden. Mantan bankir Wall Street itu terpilih lewat selisih tipis pada Juni 2016.
 

(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi